Tips Menghilangkan Noda Pada Pakaian

178
laundry
Laundry via pixabay.com

GULANGGULING.COM | Tips – Seringkali secara tidak sengaja pakaian yang kita pakai terkena noda, seperti noda tinta, atau tidak sengaja terkena makanan. Bagaimana sih cara menghilangkan noda-noda tersebut?

Nah, ternyata ada lho cara yang bisa digunakan untuk menghilangkan noda-noda tersebut tanpa menggunakan deterjen. Ada beberapa cara alami dan menggunakan bahan-bahan sederhana untuk menghilangkan noda pakaian. Simak beberapa cara berikut ini untuk mengetahuinya secara lengkap.

Menghilangkan Noda Tinta

Aplikasikan alkohol ke permukaan noda, dan gosokkan dengan sedikit deterjen. Jika noda masih melekat, lakukan secara berulang-ulang. Cara kedua adalah dengan merendam baju yang terkena noda dalam air yang sudah diberi campuran alkohol selama 20 menit, kemudian bilas dan cuci seperti biasa.

Menghilangkan Noda Kunyit

Campurkan cuka dengan air perasan jeruk nipis. Kemudian oleskan pada noda kunyit pada pakaian, jangan sampai noda kunyit menyebar.

Menghilangkan Noda Darah

Rendam pakaian yang terkena noda dalam air yang sudah diberi campuran baking soda dan garam selama kurang lebih 30 menit, bilas setelah itu cuci seerti biasa.

Apabila pakaian yang terkena noda perlu di-dry-clean, sebelum diserahkan ke laundry, olesi noda dengan sagu yang diberi sedikit air. Setelah kering, bersihkan dengan sikat lembut. Noda pun akan memudar. Segera setelah itu bawa ke laundry untuk di-dry-clean.

Menghilangkan Noda Jamur (Bintik Hitam Akibat Jamur)

Bintik-bintik hiam di pakaian bisa dibersihkan menggunakan Citric Acid (Sitrun), Citric Acid bisa dibeli di toko bahan makanan. Caranya: siapkan air mendidih dalam ember secukupnya, lalu masukan citric acid (sitrun) ke dalamnya secukupnya. Untuk satu baju gunakan sekitar 2 sendok makan. Lalu aduk sampai larut semuanya dalam air panas. Masukan pakaian berjamur ke dalam larutan tersebut, rendam sampai air dingin. Setelah dingin, kucek pakaian dan langsung dibilas dengan air.

Menghilangkan Noda Karat

Tetesi bagian pakaian yang terkena noda dengan campuran cuka dan garam, kemudian gosoklah hingga bersih. Setelah itu cuci pakaian dengan sabun. Cara lain adalah dengan menggunakan jeruk nipis/lemon. Yaitu rendam pakaian yang terkena noda karat dalam air panas yang sudah diberi perasan air jeruk nipis/lemon. Setelah dingin, kucek dan bilas dengan air bersih.

Menghilangkan Noda Minyak

Olesi pakaian yang terkena noda minyak dengan deterjen cair, diamkan sejenak, setelah itu cuci seperti biasa. Cara lain adalah dengan mengolesi daerah yang terkena noda dengan bedak bayi atau tepung, biarkan semalaman dan cuci seperti biasa.

Menghilangkan Noda Lilin

Langkah pertama untuk menghilangkan noda lilin pada pakaian atau kain adalah keroklah dengan benda tumpul atau pisau. Setelah tinggal sisa-sisanya, ambil kertas yang menyerap minyak. Taruh kertas itu di atas noda lilin lalu setrika dengan setrika panas sampai lilinnya mencair dan terserap pada kertas tersebut.

Menghilangkan Noda Getah

Cara menghilangkan noda getah pada pakaian adalah apabila baru saja terkena getah, segera siram air panas ke pakaian yang bernoda. Cara berikutnya adalah dengan mengoleskan tepung sagu yang diberi sedikit air. Oleskan larutan sagu ke bagian yang terkena getah itu. Setelah kering, bersihkan dengan sikat lembut.

Menghilangkan Noda Luntur

Ambil cuka lalu campur dan larutkan dalam air bersama diterjen, lalu rendam pakaian yang terkena luntur tersebut selama 30 menit kemudian bilas dengan air bersih. Cara lain juga bisa dengan manfaatkan garam dapur secukupnya. Kurang lebih cara aplikasinya sama seperti menggunakan cuka.

Menghilangkan Noda Cat Atau Noda Oli

Ambil sebutir telur, pecahkan. Oleskan putih telur ke pakaian yang terkena noda cat. Gosok pakaian yang bernoda berulang-ulang dan rendam semalaman. Setelah itu bilas dan cuci seperti biasa. Cara lainnya adalah dengan menggunakan terpentin. Ambil spons bersih, celupkan ke terpentin. Lalu gosokkan spons ke noda cat sambil dikucek-kucek. Terakhir, cuci seperti biasa.

Menghilangkan Noda Permen Karet

Noda permen karet akan sulit dihilangkan dari pakaian. Apalagi jika sudah mengering dan menempel. Cara paling mudah adalah dengan memasukkan pakaian ke dalam kulkas atau memberi cuka pada bagian yang ternoda. Keduanya bisa melembekkan lagi permen karet agar lebih mudah dikerik dengan pisau.

Menghilangkan Noda Bekas Deodoran

Basahi noda di pakaian dengan menggunakan cuka putih kurang lebih selama 30 menit. Lalu cuci pakaian dengan air hangat dan menggunakan detergen dengan formula enzym. Alternatif lainnya, yaitu dengan cara menggosokkan detergen cair di bagian yang terkena noda, lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit, dan cuci pakaian seperti biasanya.

Demikian tips yang bisa kami bagikan! Selamat bebersih pakaian!

Sumber: Malala Gamis, dndlaundry, totalserve

LEAVE A REPLY