Tanda-tanda dan Cara Mencegah Penyakit Zika

725

GULANGGULING.COM | INFORMASI – Beberapa hari terakhir ini beredar informasi mengenai penyakit Zika yang mulai masuk ke kawasan Asia. Dari informasi yang kami peroleh penyakit Zika telah menjadi kejadian luar biasa di negara tetangga, Malaysia dan Singapura.

Media televisi hari ini cukup sering memberitakan bahwa di beberapa bandara Indonesia seperti Adi Sucipto, Soekarno Hatta dan bandara lainnya sedang diberlakukan pemeriksaan untuk para penumpang terutama yang berasal dari luar negeri seperti Malaysia dan Singapura. 

Pemeriksaan di bandara Indonesia ini bertujuan untuk mencegah masuknya penyakit yang disebabkan oleh virus Zika.

Apa itu virus Zika ?

Virus Zika adalah virus yang proses penularannya melalui media nyamuk Aedes aegypti. Masih satu famili dengan virus lain seperti virus penyebab penyakit demam berdarah, penyakit kuning, dan penyakit chikungunya. Baca selengkapnya pada artikel ini ( Apa itu penyakit Zika? )

Tanda-tanda penyakit Zika :

Orang yang terjangkit virus Zika akan merasakan gejala seperti sakit kepala, ruam di wajah, leher, lengan atas, mungkin juga menyebar ke telapak tangan dan kaki, demam dan nyeri punggung. Baca selengkapnya pada artikel ini ( Apa itu penyakit Zika? )

Cara Mencegah Penyakit Zika

Sebuah Informasi yang kami dapatkan memberi info bahwa kita dapat mencegah kedatangan penyakit Zika ini dengan beberapa cara.

Cara pencegahan penyakit Zika ini notabene sama seperti melakukan pencegahan penyakit demam berdarah. Untuk mencegahnya kita memberlakukan 3 M Plus : Menguras, Menutup dan Memanfaatkan barang-barang bekas. Serta menambahkan beberapa langkah pencegahan seperti menabur bubuk anti larvasida pada tempat penampungan air, menggunakan obat anti nyamuk, menggunakan kelambu dan menggunakan obat oles anti nyamuk jika diperlukan.

Cara mencegah dan tanda-tanda penyakit Zika
Cara mencegah dan tanda-tanda penyakit Zika

Penyakit Zika berbahaya untuk Ibu Hamil

Penyakit Zika ini juga berbahaya untuk ibu hamil. Seorang ibu hamil yang terkena penyakit ini akan menularkan penyakitnya pada janin yang dikandungnya.

Cara Pengobatan penyakit Zika

Penyakit Zika ini kini menjadi pusat perhatian karena sampai sekarang belum ditemukan serum atau obat khusus untuk menyembuhkan penyakit ini, cara pengobatan yang dianjurkan sesuai informasi yang kami peroleh adalah Istirahat yang cukup dan meminum cairan untuk menghindari dehidrasi.

Sejauh ini itulah informasi yang dapat kami bagi tentang penyakit Zika ini. Mari kita bersihkan lingkungan kita, buang genangan-genangan air yang tak berguna, pastikan keluarga dalam keadaan sehat dan terlindungi. Semoga kita selalu dalam keadaan sehat dan semoga serum antivirus penyakit Zika segera ditemukan. Amin.

Salam

 

LEAVE A REPLY