GULANGGULING.COM | INFO – Berawal dari mendengar sebuah percakapan yang membicarakan tentang apa sebenarnya perbedaan RFID dan NFC, maka saya pun tertarik untuk googling dan mencari informasi tentang perbedaan kedua teknologi ini.

Memulai pencarian dengan keyword standar berbahasa inggris “Difference between RFID and NFC”, saya menemukan beberapa sumber yang membahas mengenai perbedaan kedua teknologi yang konon dua-duanya ini dapat dijadikan untuk media pertukaran data.

Yang pertama adalah sebuah blog situs yang memang bergerak dalam bisnis RFID, www.atlasrfidstore.com. Dalam blognya dituliskan apa perbedaan RFID dan NFC secara singkat dan secara panjang lebar. Saya akan mengutip perbedaannya secara singkat,

Short Answer:
RFID is the process by which items are uniquely identified using radio waves, and NFC is a specialized subset within the family of RFID technology. Specifically, NFC is a branch of High-Frequency (HF) RFID, and both operate at the 13.56 MHz frequency. NFC is designed to be a secure form of data exchange, and an NFC device is capable of being both an NFC reader and an NFC tag. This unique feature allows NFC devices to communicate peer-to-peer.

Dari pengertian kedua teknologi ini jelas berbeda, RFID ( Radio-frequency identification), jelas ini menggunakan radio dan jangkauannya lebih luas. Sementara NFC ( Near field communication ), yak! NFC memiliki jangkauan yang lebih sempit atau hanya untuk pertukaran data jarak dekat, atau biasanya dilakukan peer-to-peer dalam implementasi-nya.

Dalam Implementasi-nya, RFID ini lebih sering digunakan untuk inventory gudang penyimpanan dalam skala besar. Penggunaan RFID akan mempermudah pendataan barang tanpa harus melakukan scan per satuan barang. Cukup melewati frekuensi radio atau reader, maka otomatis dapat mendeteksi informasi barang.

Sementara itu, NFC digunakan dalam transaksi jarak dekat, pada implementasi-nya biasanya digunakan untuk pertukaran data jarak detak, misalnya tukar contact antara smartphone, transaksi uang elektronik atau absensi.

Lebih jelas mengenai perbedaan keduanya dapat Anda lihat dalam Info grafik dibawah ini.

 

VIDEO PERBEDAAN ANTARA RFID DAN NCF

Agar lebih jelas melihat perbedaan keduanya dan apa yang dapat dilakukan oleh RFID ataupun NFC, silakan tengok dua video di bawah. Video pertama akan menggambarkan bagaimana RFID dapat membantu pendataan barang disebuah gudang. Sementara, Video kedua memperlihatkan bagaimana teknologi NFC digunakan dalam membantu segala transaksi.

 

 

Sekian informasi dari saya. Jika Anda mempunyai informasi lain seputar perbedaan RFID dan NFC, jangan sungkan untuk mengisi kolom komentar di bawah.

Semoga bermanfaat untuk saya dan untuk Anda yang membutuhkannya…

Mau tau bagaimana membuat aplikasi Android ? Baca artikel kami pada sub kategori pemrograman Android di sini.

Sekian!



Incoming search terms:

perbedaan nfc dan rfid.  perbedaan rfid dan nfc.  bda rfid dg nfc.  perbedaan jangkauan rfid dengan nfc.  

LEAVE A REPLY