Trik : Fungsi Mendeteksi Apakah Aplikasi Android Kita Sedang Berjalan atau Tidak

GULANGGULING.COM | ANDROID – Kali ini saya akan berbagi mengenai bagaimana cara mendeteksi apakah aplikasi Android kita sedang berjalan atau tidak. Berjalan atau tidak yang saya maksud di sini adalah apakah aplikasi itu berjalan secara background atau foreground.

Aplikasi yang berjalan secara foreground adalah aplikasi yang sedang kita buka atau aktif digunakan. Sementara itu aplikasi yang berjalan secara background bisa dikatakan aplikasi yang telah kita tutup. 

Untuk apa saya menggunakan fungsi ini? Awalnya saya membuat sebuah sevices sederhana yang isinya akan melakukan update pada tampilan UI ketika aplikasi itu berjalan. Nah untuk itu saya perlu fungsi ini untuk mendeteksi apakah aplikasi sedang berjalan atau tidak, sebelum akhirnya melakukan update tampilan UI.

Tanpa fungsi pengecekan ini, maka services akan menyebabkan eror force closed jika aplikasi sedang tidak berjalan.

Fungsi ini saya temukan di stackoverflow, secara garis besar cara pengecekan ini dengan membaca top activity, kemudian mencocokan dengan package name dari aplikasi kita. Perhatikan fungsi di bawah ini.

Fungsi tersebut akan mengembalikan nilai True jika aplikasi sedang berjalan secara background dan akan mengembalikan nilai False jika aplikasi kita sedang berjalan.

Sekian dan semoga bermanfaat.

 

Baca Artikel lain tentang Android di bawah :

 



LEAVE A REPLY