GULANGGULING.COM | TRIK – Pernah mengalami ini? bagi Anda yang biasa menulis dalam bentuk makalah atau tulisan karya ilmiah, biasanya diharuskan membuat konsep tulisan dengan format rata kanan kiri.

Dalam bloging atau menulis pada website biasa juga ada yang ingin tulisannya berformat rata kanan kiri. Walaupun pada dasarnya tulisan atau bloging itu tidak identik dengan format format khusus. Namun untuk kamu yang ingin membuat tulisan rata kanan kiri pada tulisan di wordpress, kami akan memberikan sedikit tip dan cara mudahnya membuat tulisan menjadi rata kanan kiri. Setidaknya ada tiga cara yang akan kami sampaikan di sini, simaknya.

Yang pertama! membuat tulisan menjadi rata kanan kiri dengan mudah menggunakan fungsi shortcut Shift+ Alt + jCara penggunaannya sangat mudah, silakan seleksi semua tulisan Anda dengan Ctrl+a atau seleksi tulisan yang ingin Anda buat menjadi rata kanan kiri. Kemudian pada saat tulisan sudah terseleksi, silakan tekan fungsi shortcut ajaib Shift + Alt + J dan criingg… dalam sekejap tulisan Anda menjadi rata kanan kiri. Gunakan shortcut tersebut lagi jika Anda ingin mengembalikan format menjadi semula.

Yang Kedua! Gunakan Plugin! Cara mudah lainnya untuk membuat tulisan menjadi rata kanan kiri adalah dengan menggunakan plugin. Penggunaaan plugin ini hanya untuk memunculkan tombol justify pada toolbar editor wordpress. Silakan gunakan plugin ini : re-add-underline-justify, dengan menginstal plugin tersebut Anda akan dapat melihat tombol align justify pada toolbar editor seperti pada gambar di bawah :

Membuat rata kanan kiri wordpress
Tombol justify – rata kanan kiri wordpress

Selanjutnya, yang terakhir!Menggunakan code. Agak sedikit advance untuk kamu yang paham kode html, kita dapat dengan mudah membuat tulisan wordpress menjadi rata kanan kiri dengan menambahkan code html <p style="text-align: justify;">   pada awal tulisan dan ditutup dengan </ p> .

Cara terakhir tentunya dapat digunakan tidak hanya pada tulisan di wordpress, namun juga dapat digunakan pada editor bloging lain seperti blogspot.

Sekian informasi ringan dari saya, sekedar catatan kecil yang mungkin saja ada yang membutuhkannya. Mungkin tanpa disadari saat ini Anda telah menyelesaikan membaca tulisan yang sengaja saya buat rata kanan kiri.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY