Gunung Api Indonesia

16

Mengejutkan sekali!! Pagi hari muncul hujan abu vulkanik dari Gunung Merapi, itu terjadi sesaat setelah saya post cerita mengenai museum merapi. Bagi saya ini benar benar mengejukan. Saya adalah salah satu orang yang pernah mengungsi saat terjadinya erupsi merapi tahun 2010. Turun hujan abu vulkanik ini pastinya membuat saya resah, saya mekhawatirkan apakah merapi akan erupsi lagi, mekhawatirkan mengenai keselamatan keluarga. Saya harap tidak, saya harap ini hanya batuk sedikit dari merapi, bagaimanapun juga ini cukup mengkhawatirkan. Mari berdoa bersama agar merapi tenang dan jika nantinya akan mengalami erupsi, maka erupsi terjadi sercara perlahan dan tidak menimbulkan keresahan.

 

Dengan munculnya hujan vulkanik ini membuat saya semakin giat mencari informasi mengenai keadaan atau status merapi, mulai kembali memantau TL milik akun @jalinmerapi , kembali memantau hestek #merapi, kembali memantau TL punya mas @mujizatmerapi , sampai saya mengunjungi web dari esdm merapi. 

 

Munculnya fenomena ini membuat saya tertarik untuk membuat sistem mengenai informasi Gunung Api di Indonesia, sistem ini bertujuan memberikan informasi umum dan khusus mengenai keberadaan Gunung Api. Informasi umumnya seperti letak lokasi, vegetasi, ketinggian dan mungkin juga akan menampilkan jalur pendakian serta tips mendaki di gunung tersebut. Dengan begitu mungkin akan bermanfaat bagi masyarakat yang ingin mengetahui dan mempelajari informasi tentang Gunung tertentu. Jika anda belum tau, bahwa sebenarnya wilayah Indonesia ini dikepung dengan jejeran Gunung Api, terdapat ratusan Gunung yang terdapat di wilayah ini.  

 

Untuk awalnya saya membuat pemetaan Gunung Api di Indonesia, disetiap titik lokasi gunung anda dapat melihat detail informasinya, misalnya pada informasi mengenai Gunung Merapi ini. Sistem ini belum sempurna dan belum memiliki data yang cukup untuk dipublish. Untuk kedepannya akan lebih praktis jika dibuat dalam perangkat mobile, untuk itu saya akan membuatnya dalam bentuk android pastinya. Bagi anda pembaca yang tertarik untuk memberikan sumbangsih ide silakan contact saya, jika anda tertarik menyumbangkan informasi terkait gunung api bisa melakukan submit pada aplikasi ini melalu form submit informasi. Jika anda ingin mencaci dan memaki aplikasi ini juga boleh 🙂

 

Sekian, semoga aplikasi ini dapat saya teruskan pengerjaannya. hehehe….

Ardhitya Wiedha Irawan

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY