Museum Gunung Api Merapi

194


 

____Jalan jalan men….

Bukan ke Mall, bukan ke cafe beli makanan yang mahal tapi isinya sedikit, bukan jalan jalan nongkrong tak bertujuan. Kita jalan jalan ke museum menn… museum!  Yak kami sekeluarga memang sedikit hobby jalan jalan ke museum. Kali ini kami akan bercerita tentang Museum Gunung Api Merapi.

 

Museum Gunung Api Merapi


Terletak di Hargobinangun, Pakem, Sleman, D.I. Yogyakarta, Indonesia. Petanya bisa dilihat disini. Tampak dari luar bangunan ini didesain dengan mewah, bentuk dari bangunan sepertinya mengambil konsep dari bentuk kerucut, atau bisa dilihat dari bentuk gunung yang mengerucut keatas. Bangunan ini berdiri dilahan yang menurutku sangat luas sekali, halaman parkirnya pun cukup lebar. Saking luasnya lahan masih banyak spot di area tersebut yang belum termanfaatkan. Sayangya dikunjungan kami yang kesekian kali ini masih belum pernah menjumpai tempat ini dikunjungi dengan ramai. Tidak ramai bukan berarti tak ada loh, bebarengan dengan kami ada beberapa rombongan wisatawan yang berkunjung. Namanya juga museum, jarang ada museum yang pengunjungnya banyak, kecuali ada event-event tertentu disana.

 

Isi dari museum ini bukan hanya gunung merapi, tapi juga banyak informasi mengenai Gunung api yang ada di Indonesia dan wawasan mengenai bencana alam yang pernah terjadi di Negara ini, termasuk gempa dan Tsunami.  Beberapa hal yang bisa kita nikmati disini :

Miniatur Merapi atau alat peraga merapi. Alat peraga ini dapat menceritakan proses Gunung merapi meletus, dilengkapi dengan narasi dan simulasi keluarnya lahar dari puncak merapi, dengan alat peraga ini kita bisa mengetahui sejarah dan bagaimana proses terjadinya erupsi.

Di Museum ini menampilkan atau memberi gambaran semua Gunung Api yang ada di Indonesia, tidak hanya ditampilkan dalam bentuk list daftar nama gunung, disini kita disajikan alat peraga peta gunung api dilengkapi dengan petunjuk nama dan lokasi dari setiap gunung api. Terdapat banyak sekali foto foto dari proses Erupsi gunung Api tahun ke tahun, semua foto disajikan dengan apik dan informatif. Tidak berhenti disitu, kita bisa tau bentuk bebatuan dari setiap Gunung Api di Indonesia, bebatuan dikumpulkan dengan apik dan memiliki jenis dan nama serta sumber batu berasal. Di museum juga terdapat legenda dan sejarah mengenai Gunung Merapi , sejarah yang menceritakan mengenai kegiatan adat istiadat upacara kraton dan kepercayaannya. Mengenai musibah erupsi merapi? di museum ini dengan jelas diceritakan setiap proses terjadinya erupsi Gunung api dari tahun ke tahun, di sini juga terdapat benda benda yang menjadi korban dari erupsi, bahkan jika anda tertarik anda dapat menyaksikan pemutaran film mengenai terjadinya erupsi merapi di museum ini.

Tidak hanya mengenai Gunung Api, dibeberapa bagian ruangan dari museum ini disisipi informasi selain kegunung apian, misalnya seperti jaman yang pernah terjadi di bumi, info mengenai sejarah gempa yang pernah terjadi di Yogyakarta, Informasi mengenai Tsunami, semua tersaji dalam bentuk foto/poster dan alat peraga yang cukup informatif untuk disaksikan dan diketahui.

Sebenarnya masih banyak info yang bisa kita dapat dari museum ini, jika anda tertarik maka silakan berkunjung kesana. Tidak perlu ragu bekunjung ke museum, selain bisa belajar mengenai sejarah juga bisa jadi tempat wisata yang menarik. Biaya murah dan wisatanya dapat bermanfaat!

 

Retribusi :

  • Biaya masuk @ Rp: 3000,-
  • Biaya masuk + Nonton pemutaran film erupsi @ Rp 5000,- (optional)
  • Parkir mobil Rp 3000,- Motor Rp 2000,-

Terlampir beberapa foto diambil dari ponsel saya :

 

 

 

 

 

 

 

Selamat berwisata,______________

 

Ardhitya Wiedha Irawan

13 COMMENTS

LEAVE A REPLY