Perubahan Moto G setelah update Android 5.0 Lollipop

581

lollipop

Setelah kemaren Motorola Moto G resmi dapat update Android 5.0 Lollipop, nah tiba waktunya menulis beberapa perubahan yang terjadi pada device ini setelah update dengan Android Lollipop. Berikut adalah berapa perubahan pada device moto G saya:

Interface lebih menarik.
ini adalah perubahan yang paling terasa, secara di OS Android 5.0 Lollipop ini banyak perubahan secara UX, mereka mengusung konsep baru yaitu material design. Perubahan ini terasa sekali, banyak animasi yang menarik, konsep design iconĀ  dan UI yang lebih flat dibalut warna abu abut elegan menambah suasana baru menjadi lebih menarik.

Wifi Lebih Stabil.
Mungkin ini adalah salah satu perubahan yang signifikan terjadi di Moto G. Setelah update ke Lollipop Wifi nya terasa lebih stabil. Fyi, saat Moto G pakai KitKat, Wifi nya mengalami sedikit gangguan pada jarak tangkap sinyal wifi yg rendah, semenjak ada update Lollipop maka masalah tersebut terselesaikan.

Pengaturan Auto rotate pindah posisi.
Di sebuah forum Moto G, ini menjadi pertanyaan yang langsung muncul sesaat setelah Moto G dapat update Lollipop. Banyak yang mengatakan kalau mereka tak menemukan seting untuk auto rotate, pada kenyataannya menu/fitur auto rotate ini berpindah ke dalam seting>accessibility. Menu auto rotate ini akan otomatia muncul dinotifikasi bar jika kita sudah pernah melakukan seting dari manu accessibility

UnLock Screen Swipe Up
Saat di kitkat untuk melakukan unlock screen yaitu dengan melakukan swipe ke kanan, sedangkan swipe kekiri digunakan untuk mebuka camera dari pisisi lock screen.
Pada Lollipop, unlock screen dilakukan dengan swipe ke atas. Swipe ke kanan untuk membuka phone dialer dan swipe ke kiri untuk membuka kamera.

Baterai lebih hemat ?
Kenapa ada tanda tanya? Itu karna saya sendiri belum yakin benar dengan perbedaan/perubahan dari saat Moto G dengab KitKat. Saat KitKat kemampuan daya tahan baterainya saya acungi jempol, saya merasa puas karna Moto G mampu bertahan hampir 24 jam. Saat update Lollipop saya belum merasakan perubahan, masih awet juga. Hanya saja saya sempat merasa kalau malah jadi sedikit lebih boros, tapi ini belum pasti lho ya, karna saya baru memakainya beberapa hari dan masih dalam penggunaan biasa, mungkin beberapa hari kedepan akan lebih terasa perbedaannya. Untuk urusan baterai saya punya cara tersendiri untuk menghemat baterai di android.

Guest Mode
Kalau ini memang default fitur, jadi ga usah dibahas hehe.

Owner Info di Lock Screen.
Fitur ini adalah default juga. Jadi pada Lollipop ada fitur yang dapat menampilkan tulisan pada lock screen. Biasanya tulisan tersebut di isi dengan nama pemilik. Tapi sebenarnya diisi tulisan apa saja juga bisa. Hehe. Cara menyeting owner info adalah
Setting> security> owner info

Kira kira baru itulah beberapa perubahan Motorola Moto G dengan Android Lollipop yang sudah saya rasakan. Mungkin besok besok akan ada sesuatu lagi yang ditemukan.
Sekedar informasi bahwa menurut support, Lollipop untuk Moto G akan mendapat update lagi.

Sekian

8 COMMENTS

LEAVE A REPLY