Jangan konsumsi Apel Amerika karena Mengandung bakteri


Satu hari yang lalu saya dapat Informasi ini dari grup WhatsApp keluarga. Info ini berisi himbauan untuk sekarang jangan membeli buah Apel asal Amerika. Jenis buat apel Amerika yang disinyalir mengandung bakteri antara lain Apel Gala dan Apel Granny Smith. Apel yang di import dari Amerika dilaporkan mengandung bakteri Listeriosis monocytogenes. Bakteri tersebut dapat menyebabkan penyakit Listeriosis yang konon telah membuat beberapa warga Amerika meninggal dunia.

Listeriosis is an infection that can occur when a person eats food that has been contaminated with bacteria called Listeria monocytogenes (L. monocytogenes).source

Dalam sebuah situs dituliskan bahwa Gejala listeriosis termasuk septicemia (infeksi pada aliran darah), meningitis (radang selaput otak) atau meningoencephalitis (radang pada otak dan selaputnya),encephalitis (radang otak), dan infeksi pada kandungan atau pada leher rahim pada wanita hamil, yang dapat berakibat keguguran spontan (trimester kedua/ketiga) atau bayi lahir dalam keadaan meninggal.

Untuk sementara jangan mengkonsumsi apel impor dari Amerika, apakah itu Granny Smith, Gala, dll karena di dalam apel tersebut baru-baru ini ditemukan bakteri Listeriosis. Di Amerika beberapa orang dilaporkan telah meninggal setelah mengkonsumsi apel yang terkontaminasi bakteri Listeriosis. Gejala yang ditimbulkan meliputi panas tinggi, sakit kepala, leher kaku, mual, dan dalam beberapa kasus menyebabkan kematian.  Negara-negara seperti Malaysia, Thailand, dan Singapura sudah mulai menghentikan impor apel dari Amerika dan menariknya dari pasaran. – Broadcast pesan WhatsApp yang saya dapat.

 

Sementara itu Kemendag ( Kementrian Perdagangan Republik Indonesia) telah melarang perdagangan produk buah apel jenis Granny Smith dan Gala produksi Bidart Bros, Bakersfield, California, AS, dimana kedua jenis apel, yang biasa dijual dengan merek Grannys Best dan Big B, diduga terkontaminasi bakteri Listeria monocytogenes.

Agar lebih jeli dan tidak salah beli apel ini silakan lihat gambar atau photo Apel Gala dan Gambar Apel Granny Smith di google.

 

 


sumber
straitstimes, food-info , kemendag.go.id
Pencarian keyword Gala Apples, Listeriosis via google

 

LEAVE A REPLY