Bawang Lanang

2765

bawang-lanangBawang lanang itu apa ya? Ada yang tau atau familiar dengan ini? Bawang lanang ini satu famili dengan keluarga bawang putih. Hanya saja bawang lanang ini bersiung tunggal, sehingga kerap juga disebut bawang tunggal atau bawang putih tunggal. Saya sendiri kenal bawang lanang ini sudah cukup lama, tapi tidak terlalu memperhatikan. Ibu saya sering memasukkan satu siung bawang lanang ini pada masakannya, khusus untuk bapak. Satu kali sehari, ketika masak dan sudah akan matang, si bawang lanang dimasukkan. Jadi, bapak saya punya kebiasaan makan yg cukup unik, ya makan bawang ini. Kata ibu saya bagus untuk memelihara kesehatan, berkhasiat gitu lah pokoknya.

Nah, setelah jadi ibu baru deh saya aware soal perbawangan ini. Selidik punya selidik, ternyata harga bawang lanang ini cukup fantastis. Satu kilogram bawang lanang bisa ditebus dengan harga Rp 100.000 (harga terakhir Juni 2015 di Pasar Beringharjo). Ning sekilo ki akeh bianget lho, wong bawang cilik-cilik. Bahkan setahu saya dijual juga di supermarket ditempatkan dalam toples2 kecil (mungkin sudah difermentasi) dengan harga sekian puluh ribu. Mahal pokoknya.

Baca juga : Manfaat Jeruk Nipis untuk tubuh kita

Lalu apa sih manfaat bawang lanang untuk kesehatan? Dari hasil gulangguling gugling, ternyata banyak lho khasiatnya. Bawang putih ini mengandung minyak atsiri yang bermanfaat sebagai antiseptik dan antibakteri. Selain itu, bawang putih tunggal mengandung allicin sebagai antikolesterol. Yuk mari kita simak bersama beberapa manfaat bawang lanang ini.

Khasiat dan Kegunaan Bawang Putih Tunggal atau biasa disebut juga bawang lanang antara lain:

  • Bawang tunggal dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Kalau sudah begitu, penyakit jantung dan darah tinggi jadi menjauh.
  • Bawang tunggal sebagai Pencegah kanker. Kandungan sulfida dalam bawang putih dapat membantu hati dalam pembentukan senyawa kimia beracun dan senyawa kimia penyebab kanker. Konsumsilah bawang putih secara teratur agar risiko terkena kanker tidak menghinggapi tubuh Anda.
  • Mengobati flu. Rasa dan bau yang khas bawang putih mampu meningkatkan kerja membran mucous yang ada di saluran pernapasan sehingga napas menjadi lega karena lendir telah keluar dari hidung yang mampat.
  • Alat kontrol penderita diabetes. Seperti kita ketahui, penderita diabetes tidak boleh terlalu banyak makan makanan yang manis dan berlemak. Hal ini seringkali membuat mereka mudah lemas dan tidak bersemangat. Bawang putih tunggal yang dimasukkan dalam olahan makanan santapannya mampu meningkatkan stamina sehingga manfaat makanan yang baik bisa didapat.
  • Sebagai anti-biotik alamiah yang sangat ampuh mengusir bakteri. Jika Anda mengalami peradangan misalkan jerawat, cukup gunakan parutan bawang putih tunggal ini dan jerawat Anda akan steril dari bakteri yang akan membuatnya semakin parah
  • Mengatasi penggumpalan darah di dalam tubuh. Caranya cukup konsumsi secara rutin dalam keadaan mentah agar hasilnya lebih maksimal.
  • Bagi yang mempunyai sakit maag, Anda bisa memanfaatkan bawang putih tunggal sebagai penahan rasa sakit sebelum maag menyerang. Kupas dan cuci bawang ini, lalu kunyah. Lakukan sehari tiga kali.
  • Selain itu, bisa mengatasi asma, masuk angin, dan batuk. Bawang putih tunggal yang telah dihaluskan dicampur dengan madu dan cairan gula batu. Lalu, disaring dan minum setiap pagi.

Nah, begitulah informasi soal bawang lanang yang bisa kami himpun. Tidak ada salahnya mempelajari lagi soal ini karena sekarang ini mengerti yang alami lebih baik daripada yang pabrikan dan banyak zat kimianya. Cukup tengok ke dapur, siapa tahu obat yang kita butuhkan sudah tersedia. Jangan ketergantungan obat, pilih yang alami.

Baca juga :
Minuman yang disarankan dan tidak disarankan dikonsumsi anak
Cara Mengecilkan Perut Secara Alami dalam 30 Hari
Sumber pustaka:
http://bawangputihtunggal.blogspot.com
https://tokoamanahku.wordpress.com

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY