Manfaat Jeruk Nipis untuk tubuh kita

201

Selama ini banyak orang memilih untuk menghindari Jeruk Nipis karena rasanya yang asam. Tapi tahukan anda, bahwa sebenarnya Jeruk Nipis ini memiliki sejuta manfaat untuk tubuh kita. Banyak yang belum mengetahui bahwa jeruk nipis yang berasa asam justru bersifat basa dalam tubuh kita. Sifat basa inilah yang dapat membantu tubuh mencapai kondisi homeostasis.  Kondisi Homeostasis adalah suatu kondisi keseimbangan internal yang ideal, di mana semua sistem tubuh bekerja dan berinteraksi dalam cara yang tepat untuk memenuhi semua kebutuhan dari tubuh.

Segelas Air Perasan Jeruk Nipis setiap pagi
Mengawali hari dengan segelas air perasan jeruk nipis hangat ketika bangun tidur di pagi hari ternyata merupakan kebiasaan yang baik. Tidak hanya menghangatkan perut, lebih dari itu perasan jeruk nipis hangat memberi banyak keuntungan untuk tubuh. Pertama, perasan jeruk nipis hangat ini dapat membantu membersihkan sisa-sisa metabolisme saluran cerna. Kedua, perasan jeruk nipis ini berfungsi sebagai tonik untuk menguatkan jaringan liver. Dan ketiga, perasan jeruk nipis ini dapat mengaktifkan berbagai macam enzim dalam tubuh kita.

Jeruk Nipis Mengatasi Maag.
Bagi Anda yang memiliki masalah dengan asam lambung, atau penyakit maag, bertemanlah dengan jeruk nipis ini. Membiasakan meminum air perasan jeruk nipis hangat ini dapat membantu mengatasi maag Anda. Sifat jeruk nipis yang basa inilah yang dapat membantu menetralkan asam lambung.

Jeruk Nipis Mengatasi Batuk berdahak.
Jeruk nipis juga dapat digunakan sebagai sediaan obat tradisional. Ketika tiba-tiba terserang batuk khususnya batuk berdahak, jeruk nipis dapat berfungsi sebagai ekspektoran yang meluruhkan dahak. Cukup minum 1 sendok makan perasan air jeruk nipis secara teratur untuk meringankan batuk. Bisa ditambahkan sedikit kecap, namun hal ini hanya agar rasa asam jeruk tidak terlalu terasa.
Selain harus memperhatikan kesehatan tentu Anda juga wajib memperhatikan penampilan. Penampilan wajah yang kusam bisa jadi masalah, terutama bagi Anda yang setiap hari bertemu banyak orang. Perawatan ke salon atau klinik kecantikan mungkin solusinya, namun hal ini memerlukan alokasi waktu tersendiri. Ternyata dengan jeruk nipis, kita juga bisa melakukan perawatan untuk membantu membersihkan dan mencerahkan wajah. Hemat waktu, hemat biaya.

Jeruk Nipis Memberikan kecantikan kulit.
Kandungan AHA (alpha hydroxy acids) dalam buah jeruk nipis mampu mengangkat sel-sel kuliat mati yang ada diwajah kita. Kulit yang bersih dapat membuat pori-pori bernapas lebih bebas, mendorong pembentukan kulit baru yang lebih sehat, dan menjaga elastisitas kulit. Untuk hasil maksimal, gunakan air jeruk nipis murni dan oleskan ke kulit wajah dengan bantuan kapas. Dengan terangkatnya sel-sel kulit mati, maka kulit bersih yang biasanya terlihat bersinar akan segera terlihat. Pengangkatan sel-sel kulit mati membuat tumbuhnya sel-sel kulit yang baru dan secara otomatis membuat kulit kita menjadi fresh.

Jadi, tidak perlu ragu untuk memulai kebiasaan baik. Tidak perlu takut pada rasanya, lihat manfaatnya untuk tubuh, dan be healthy!

 


pustaka:
indonews.co.id
kamuskesehatan.com
Gambar jeruk nipis via Google

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY