Perjalanan menuju Samigaluh

236


gulangguling.com – Tahun 2015 ini, Wilayah alam Yogyakarta daerah barat atau Kulon Progo sepertinya sedang mengalami eksploitasi. Eksploitasi ini bukan berkonotasi negatif lho ya. Di daerah barat kota Yogyakarta ini sekarang sedang ramai bermunculan tempat wisata alam, tempat wisata seperti pegunungan, wisata gunung kukusan, kebun teh, air terjun, pemandangan alam sedang ramai digalakan dan dibentuk.

Perkembangan wisata di daerah Kulon Progo ini salah satunya terjadi pada kecamatan Samigaluh. Di Samigaluh ini muncul beberapa tempat wisata yang menyajikan pemandangan alam seperti kebun teh yang berada di daerah bernama Nglinggo, selain itu juga ada gunung kukusan yang menyajikan pemandangan indah. Beberapa tempat wisata lain seperti gunung widosari, goa sriti dan air terjun juga terdapat di daerah Samigaluh.

Baca juga : Wisata Telogo Muncar di Kaliurang Yogyakarta

Munculnya tempat-tempat seperti ini semoga saja tidak lantas merusak ke-asrian alam disana, tidak lantas melakukan eksploitasi negatif pada daerah tersebut, tidak lantas hanya berkunjung lalu merusak, setelah rusak lalu ditinggal, semoga tidak!

Perkembangan tempat-tempat wisata di Samigaluh ini memang perlu perhatian yang baik oleh pemerintah setempat. Jika tidak ditata dengan baik maka saya khawatir ini hanya akan jadi tempat wisata sesaat yang akan hilang dan tenggelam setelah alam disana rusak. Apabila tempat wisata semacam ini ditata kelola dengan baik, bukan tidak mungkin Yogyakarta akan memiliki tambahan tempat tujuan wisata lebih banyak dan pastinya akan meningkatkan perekonomian warga setempat.

Untuk anda yang sekarang ini punya kesempatan jalan-jalan di Yogyakarta, maka jalan-jalan ke daerah Samigaluh bisa jadi pilihan, anda akan menikmati alam alam pegunungan asri, sawah, ladang, hutan yang hijau, udara yang sejuk segar. Saya jamin anda akan merasakan alam disana.

Baca juga : Tempat pemancingan Ledok Gebang Jogjakarta

Bagi anda yang ingin tau jalan menuju ke Samigaluh, ini adalah sebuah rekaman perjalanan saya menuju ke Samigaluh, tepatnya di Desa Ngaliyan. Perjalanan saya ini bertujuan ke tempat pakdhe dan saudara-saudara disana. Video perjalanan ini bisa jadi gambaran bagaimana medan naik turun yang harus anda lalui, video perjalanan ini diawali dari perempatan ndekso lalu terus kebarat menuju samigaluh.

Baca Juga : Wisata Kebun Teh Samigaluh

Selamat jalan-jalan dan selamat bahagia!

1 COMMENT

LEAVE A REPLY