Wisata Kebun Teh Nglinggo Samigaluh Kulon Progo Yogyakarta

4520

Kebun Teh Nglinggo
Kebun Teh Nglinggo

 

Jalan jalan bro…. Jalan jalan sist….
Baru baru ini saya pulang kampung ke desa. Desa dimana saya dilahirkan ini berada di Ngaliyan, kecamatan Samigaluh, Kulon Progo. Saat berada di desa, saya berkunjung ketempat wisata yang saat ini sedang ramai dikunjungi. Daerah tempat wisata itu merupakan daerah pegunungan dimana terdapat perkebunan teh. Konon setiap akhir pekan banyak sekali pengunjung yang berkunjung ke daerah itu. Wisata kebun Teh ini terletak di daerah bernama Nglinggo, kecamatan Samigaluh, Kulon Progo.

Para pengunjung berfoto di kebun teh Nglinggo
Para pengunjung berfoto di kebun teh Nglinggo

Wisata Nglinggo

Wisata yang ditawarkan di Nglinggo adalah pemandangan alam yang asri, pemandangan perkebunan teh, hamparan hutan pinus dan pemandangan bukit bukit yang terdapat disekitarnya. Karena posisinya yang cukup tinggi maka ditempat ini kita bisa menikmati pemandangan yang sangat sangat alami, kita bisa menemukan perkebunan Teh milik PT. Pagilaran. Biasanya sih para pengunjung pada foto foto di kebun teh, cuman saya sedikit miris karna mereka masuk perkebunan teh tidak dengan hati-hati, jadi malah seperti merusak kebun. Tempat wisata ini memang tengolong baru, bahkan menurut saya tempat wisata ini belum dikelola dengan baik, masih cukup banyak tempat yang bisa diexplore disana. Selain duduk santai dipuncak pegunungan sambil menikmati segarnya es kelapa muda, anda juga bisa mencoba naik ke bukit bukit yang ada disana. Medannya gimana? Saya jamin medannya mengasikan, karna anda akan melewati jalan jalan setapak khas pedesaan.

Pepohonan pinus
Pepohonan pinus dilihat dari Nglinggo

Jika anda ingin kesana pastikan kondisi kendaraan anda dalam keadaan prima, kenapa begitu? karena medan untuk sampai ke tempat itu sangat susah, jalanan menuju kesana naik turun, kemiringan jalan naik hampir 45°. Jika anda tidak terbiasa jalan model begini saya yakin andrenalinmu akan meningkat tajam. Selama perjalanan kamu akan disuguhi dengan pemandangan alam yang sangat wow, semua masih asri, semua masih alami, semua hijau dan udara yang sangat segar. Untuk masuk ke daerah nglinggo ini anda akan ditarik biaya retribusi, kalau ga salah sih 3000 per kepala, ini kalau ga salah lho ya. Soalnya kemaren saya ndak bayar kerna waktu kesana bersama saudara yang sudah cukup kenal dengan penduduk nglinggo hhe. Bagi yang dari Jogjakarta anda bisa mengarah ke barat / kulon, bisa lewat godean, atau minggir sleman, terus kebarat dan ikuti saja titik koordinat ini. Hehe

Meningkatkan ekonomi setempat.
Saya senang dengan adanya objek wisata yang baru ini muncul di daerah Samigaluh, entah siapa yang awalnya melakukan publikasi tempat ini, yang jelas dengan berkunjungnya banyak wisatawan maka akan meningkatkan keekonomian setempat. Terlihat mulai banyaknya warung bermunculan disana, lumayan jualan duren atau segelas es kelapa muda bisa membatu ekonomi yang menurut saya disana masih cukup rendah.

Oleh-oleh
Salah satu yang bisa dibawa pulang saat pergi ke daerah pegunungan atau wisata macam ini adalah foto. Entah selfie atau wefie atau poto pemandangan sebaiknya anda lakukan dengan tidak merusak alam disana. Saya miris saja ketika melihat para pengunjung keluar masuk kebon teh dengan mbusuk dan merusak tanaman. Kebon teh itu ditanam dengan usaha buos, bukan buat dirusak. Oh ya jika kamu ingin membawa oleh oleh dari samigaluh, kamu bisa membeli makanan khas bernama “Geblek” , untuk mendapatkannya kamu bisa beli selama perjalanan pulang dari nglinggo, mampir saja ke daerah ngaliyan atau totogan, lalu silakan tanya ke warung warung sekitar situ dan mereka pasti akan membantu.

Sekian dulu ya cerita jalan jalan ke kebun teh nglinggo. Selamat jalan jalan gaes, hati hati dijalan dan ingat pesan saya “Tolong jangan merusak dan jagalah alam! “

Sekian.

Foto foto wisata kebun teh nglinggo, samigaluh, kulon progo.

 

Kebun Teh Nglinggo IMG_20150218_080611

 

Incoming search terms:

samigaluh.  kebun teh samigaluh.  kebun teh kulon progo.  kebun teh nglinggo.  samigaluh kulon progo.  kebun teh kulonprogo.  

10 COMMENTS

  1. […] terjadi pada kecamatan Samigaluh. Di Samigaluh ini muncul beberapa tempat wisata yang menyajikan pemandangan alam seperti kebun teh yang berada di daerah bernama Nglinggo, selain itu juga ada gunung kukusan yang menyajikan pemandangan indah. Beberapa tempat wisata lain […]

  2. Terima kasih info tentang ini sangat bermanfaat.
    Tempat-tempat yang bagus di Indonesia sebenarnya banyak yang belum tereksplorasi untuk diolah menjadi tempat wisata.
    Semoga website ini terus menyajikan info yang menarik dan bermanfaat bagi pengunjung dan pembaca.

LEAVE A REPLY