Jam Biologis Organ Tubuh Manusia

343
Clock via pixabay.com

GULANGGULING.COM | Kesehatan – Tubuh manusia merupakan sinergi dari organ-organ dalam tubuh. Organ-organ tubuh ini mempunyai peran dan fungsi masing-masing dalam kerja sehari-hari. Idealnya untuk mendukung aktivitas tubuh secara baik, organ-orang tubuh juga harus dalam kondisi yang baik. 

Dr. William Adi Tedja, TCM, MA, dari Klinik Utomo Chinese Medical Center, Jakarta Barat, menyatakan bahwa dalam ilmu Traditional Chinese Medicine (TCM) mengenal adanya jam piket organ atau disebut juga oriental biorhythmic. Dalam waktu 24 jam, tubuh membagi diri menjadi 12 area, masing-masing area mewakili satu organ dan memiliki aktivitas chi (energi vital) maksimal.

Apa itu chi? Chi dalam bahasa Tionghoa adalah aliran energi. Aliran chi atau aliran energi dalah tenaga dari alam dan tubuh kita yang menyatu. Chi berfungsi untuk mengatur aktivitas jaringan organ sehingga dapat berjalan pada tempatnya dan dalam porsi yang seimbang. Berikut informasi yang kami kutip dari sumber ini:

Pukul 07.00-09.00: Lambung sedang bekerja secara maksimal. Disarankan minum jus sebelum sarapan pagi, saat perut masih kosong, sehingga zat yang berguna dapat diserap tubuh. Jangan lewatkan makan pagi untuk proses pembentukan energi sepanjang hari. Pada jam ini, selaput jantung sedang bekerja secara minimal.

Pukul 09.00-11.00: Limpa sedang bekerja secara maksimal menstransportasi cairan nutrisi untuk energi pertumbuhan. Bila pada jam-jam ini timbul rasa ngantuk, berarti fungsi limpa lemah. Kurangi konsumsi gula, lemak, minyak, dan protein hewani. Pada jam ini, organ tiga pemanas sedang bekerja secara minimal.

Pukul 11.00- 13.00: Jantung bekerja secara maksimal. Sebaiknya beristirahat, hindari panas, olah fisik, dan timbulnya emosi, terutama pada penderita gangguan pembuluh darah. Pada jam ini kandung empedu sedang bekerja secara minimal.

Pukul 13.00-15.00: Hati sedang bekerja secara minimal. Saat ini darah merah berkumpul dalam organ hati dan terjadi proses regenerasis sel hati. Bila fungsi hati kuat, tubuh kuat menangkal semua penyakit. Pada jam ini usus kecil sedang bekerja secara maksimal.

Pukul 15.00-17.00: Paru-paru sedang bekerja minimal. Tubuh perlu istirahat untuk proses pembuangan racun dan pembentukan energi paru-paru. Pada jam ini kantong kemih justru sedang bekerja secara maksimal.

Pukul 17.00-19.00: Ginjal sedang bekerja secara maksimal. Sebaiknya jam-jam ini digunakan untuk belajar karena sedang terjadi proses “pertumbuhan” otak dan kecerdasan serta pembentukan sumsum tulang. Usus besar sedang bekerja secara minimal.

Pukul 19.00-21.00: Lambung sedang bekerja secara minimal. Hindari konsumsi makanan yang sulit dicerna atau berhenti makan sama sekali. Pada jam ini selaput jantung bekerja secara maksimal.

Pukul 21.00-23.00: Limpa sedang bekerja secara minimal karena terjadi proses pembuangan racun dan regenerasi sel limpa. Sebaiknya istirahat sambil mendengarkan musik yang menenangkan jiwa untuk meningkatkan imunitas tubuh. Pada jam ini organ tiga pemanas sedang bekerja secara maksimal.

Pukul 23.00-01.00: Jantung sedang bekerja secara minimal. Sebaiknya Anda tidur. Terus bekerja atau begadang dapat melemahkan fungsi jantung. Pada jam ini, organ kandung empedu sedang bekerja secara maksimal.

Pukul 01.00-03.00: Hati sedang bekerja secara maksimal karena terjadi proses pembuangan racun hasil metabolisme tubuh. Bila ada luka dalam, akan terasa sakit. Pada jam ini, usus kecil sedang bekerja minimal.

Pukul 03.00-05.00: Paru-paru sedang bekerja secara makasimal karena terjadi proses pembuangan racun. Bila fungsi paru-paru terganggu akan memicu batuk dan bersin-bersin. Sebaiknya lakukan olah napas agar energi paru-paru lebih sehat dan kuat. Pada jam ini kantong kemih sedang bekerja secara minimal.

Pukul 05.00-07.00: Usus besar sedang bekerja secara maksimal. Biasakan buang air besar secara teratur. Pada jam ini organ ginjal sedang bekerja secara minimal.

Setelah mengetahui adanya jam kerja organ, mari kita investasikan kesehatan sejak sekarang. Pola hidup teratur, istirahat teratur, dan juga konsumsi serat yang cukup tiap hari dan beri nutrisi yang seimbang. Menyelaraskan antara hati, tubuh, dan juga pikiran untuk jasmani dan rohani yang lebih sehat.

Sumber:
http://mudhalifanaharuddin.blogspot.co.id/2015/01/dari-prof-dr-soeharsoyo-spak-ke-dr.html
http://www.stikes-kapuasraya.ac.id/index.php/artikel/10-jam-piket-organ-tubuh
http://www.rianasaraswati.com/energi-chi/

LEAVE A REPLY