Legenda Tinju Muhammad Ali Tutup Usia

43
Muhammad Ali via twitter.com

GULANGGULING.COM | Berita – Kabar duka datang dari dunia olahraga internasional: mantan petinju kelas berat Muhammad Ali meninggal dunia pada Jumat, 3 Juni 2016 waktu Arizona (Sabtu, 4 Juli 2016 WIB) pada usia 74 tahun.

Kabar menyebutkan bahwa Muhammad Ali meninggal disebabkan karena gangguan pernapasan. Sebelumnya Muhammad Ali memang dilarikan ke rumah sakit pada hari Kamis waktu Arizona, Namun, kondisinya semakin memburuk. Pada hari Jumat dini hari kemudian dikabarkan oleh juru bicara keluarga bahwa Muhammad Ali telah meninggal dunia.

Sebelumnya seperti yang diketahui publik, Muhammad Ali menderita penyakit parkinson selama kurang lebih 32 tahun. Kemuculannya di publik terakhir kali adalah bulan April 2016, pada saat menghadiri acara amal untuk penderita Parkinson.

Lahir dengan nama Cassius Clay pada tanggal 17 Januari 1942, Muhammad Ali mengawali karirnya pada tahun 1960 pada saat memenangkan medali emas di ajang Olimpic di Roma. Setelah pada tahun 1964 Ali menjadi juara dunia untuk pertama kalinya, Ali mengumumkan bahwa dirinya telah bergabung dengan negara Islam dan kemudian mengganti namanya menjadi Muhammad Ali.

Sempat kehilangan gelarnya karena menolak ikut wajib militer pada 1967 dan dihukum, Ali kembali ke atas ring pada tahun 1970 dan menjadi juara dunia untuk kedua kali dengan mengalahkan rivalnya saat itu yaitu George Foreman di Kinshasha, Zaire. Pada 1978, Ali merebut kembali gelaar juara dunianya setelah pertrungan ulang dengan Leon Spinks. Ali kemudian mengumumkan pensiun setelah pertrungan terakhirnya pada tahun 1981.

Untuk menghormati kematian Muhammad Ali, Walikota Greg Fischer di Louisville, Kentucky yang merupakan kota kelahiran Ali, memerintahkan untuk mengibarkan bendera setengah tiang.

Selamat jalan untuk legenda tinju dunia, Muhammad Ali. Belasungkawa sedalam-dalamnya dan semoga diberikan tempat terbaik di sisi Tuhan. #RIPMuhammadAli

Sumber: Buzzfeed, Kompas

 

LEAVE A REPLY