Manfaat dan Khasiat Mentimun

gambar-mentimun
Mentimun via pixabay.com

GULANGGULING.COM | Kesehatan – Mentimun adalah sayuran yang sudah tak asing lagi untuk kita, mentimun sering dijadikan makanan sambilan setelah makan alias lalapan. Keberadaannyapun sangat mudah dicari, tinggal datang ke pasar maka akan mudah ditemukan. Harganya pun murah. Saking gampang dan murahnya sehingga kadang kita tak tahu manfaat apa yang didapat dari mentimun.

Selain digunakan untuk lalapan atau masakan, ternyata mengkonsumsi mentimun juga bermanfat bagi tubuh. Karena kandungan vitamin dan zat yang menyehatkan yang ada di dalam mentimun. Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda harus mengkonsumsi mentimun:

Bermanfaat untuk tulang dan otot

Mentimun berfungsi memperkuat jaringan ikat dan membuat tulang Anda sehat. Hal ini karena mentimun kaya akan silika yang penting untuk pengembangan jaringan ikat. Sehingga tulang dan otot Anda tetap kuat.

Memperkuat imunitas

Vitamin yang terkandung dalam mentimun antara lain vitamin C dan vitamin B kompleks. Ini membantu untuk meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Vitamin C meningkatkan proses penyembuhan dan menjaga kebugaran.

Membersihkan tubuh

Mentimun memiliki efek detoksifikasi karena menghapus semua akumulasi racun dari tubuh Anda. Ini juga termasuk membersihkan hati dan menghapus semua metabolit. Mentimun benar-benar membantu organ-organ tubuh Anda untuk bekerja lebih efektif.

Mengurangi kolesterol jahat

Sterol yang hadir dalam mentimun bisa membantu menghilangkan kolesterol jahat dari tubuh. Dengan demikian, mentimun bisa mencegah Anda dari penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Mentimun juga mengurangi kekakuan pembuluh darah Anda sehingga aliran darah lebih lancar.

Membantu melawan kanker

Tingginya kadar antioksidan seperti pinoresinol dan sebagainya hadir pada mentimun untuk mengurangi risiko beberapa jenis kanker. Antioksidan ini bermanfaat dalam menghapus radikal bebas dari tubuh yang menyebabkan kerusakan sel dan kanker.

Menyehatkan ginjal

Mentimun mengurangi kadar asam urat dari tubuh Anda yang bertanggung jawab untuk menyebabkan asam urat. Selain itu, mentimun menghilangkan kreatinin, asam urat dan produk-produk limbah lainnya yang terakumulasi di ginjal.

Menghilangkan bau mulut

Bau mulut disebabkan oleh bakteri hadir di mulut Anda. Mentimun mempunyai phytochemcials yang bisa membunuh bakteri di mulut Anda. Dengan demikian, mulut Anda akan tetap segar sepanjang hari.

Melindungi otak

Substansi anti-inflamasi, fisetin ada pada mentimun yang berperan meningkatkan kesehatan otak dan mengurangi semua peradangan. Mentimun juga dapat mencegah kerusakan otak dengan meningkatkan aliran darah ke otak.

Baik untuk kulit dan rambut

Antioksidan hadir dalam mentimun yang tercuci dalam air menjaga kulit Anda untuk tetap bersinar dan selalu segar. Silikon dan sulfur dalam mentimun juga dapat mempromosikan pertumbuhan rambut lebih cepat.

Selain dikonsumsi langsung, adapula juga cara lain untuk mengkonsumsi mentimun, salah satunya dengan dibuat infused water. Disini kita akan coba lihat khasiat mentimun jika di rendam dalam air minum.

Ternyata, tidak hanya jeruk yang baik untuk direndam dalam air minum. Dengan beberapa irisan mentimum dalam air minum dan dibiarkan selama 12 jam sama saja melindungi diri Anda dari berbagai penyakit dan kekurangan gizi. Saat ini memang sedang jadi tren merendam berbagai buah dalam air minum atau biasa disebut infused water.

Air mentimun tidak hanya berperan menyegarkan tubuh. Tetapi mentimun yang kaya akan vitamin C, K, Vitamin B, kalium, antioksidan, mangan, dan tembaga benar-benar bisa menjaga tubuh tetap fit.

Nah, itulah beberapa khasiat dari mentimun yang di rendam di dalam air minum.

Semoga bermanfaat, selamat mencoba dan menikmati!

Sumber: grup Whatsapp



LEAVE A REPLY