GGDC Kuliner: Kebelet Belut

182

GULANGGULING.COM | Kuliner – Jalan-jalan, makan-makan! Kali ini ikut kami makan serba belut yuk, di Kebelet Belut!

Kalau kamu kebetulan tinggal di Jogja, atau sedang berada di Jogja boleh lho melipir ke daerah Timoho. Warung yang menyajikan berbagai jenis olahan belut ini terletak di Jalan Ipda Tut Harsono no. 42 Timoho Yogyakarta.

 

Warung makan ini menyediakan berbagai macam jenis masakan berbahan utama belut. Pemilik warung makan Kebelet Belut menyatakan bahwa untuk menghadirkan cita rasa belut yang gurih dan nikmat dia memilih menggunakan belut yang ditangkap dari sawah karena rasanya yang lebih enak daripada belut yang diternakkan. Pasokan belut ini berasal dari daerah Klaten.

Sesuai dengan namanya, kamu bisa memilih menu belut kesukaanmu. Warung Kebelet Belut menyajikan pilihan menu seperti belut goreng, belut pedas, dan belut dengan bumbu kuah. Pada kunjungan kami kemarin, kami memutuskan untuk mencicipi sajian Belut Elek, Garang Asem Belut, dan Belut Teriyaki.

Kami memilih untuk menjajal menu paket, bukan menu satuan. Dalam satu paket sudah terdapat 1 menu belut, nasi putih, dan minum (teh es/panas).

*note: harga dan kondisi sesuai dengan waktu kedatangan kami bulan Oktober 2016.

Belut Elek ala warung Kebelet Belut
Belut Elek ala warung Kebelet Belut

Sajian pertama adalah Belut Elek, disajikan bersama sambal, lalapan, dan daun bayam rebus. Yang istimewa, sajian Belut Elek ini disajikan bersama bawang putih goreng yang membuat nikmat makannya semakin endeuss! Belut digoreng namun tidak kering, seingga kita masih bisa menikmati cita rasa dagingbelutnya. Seporsi paket Belut Elek bersama nasi dan minum dibandrol dengan harga IDR 30,000.

Garang Asem Belut ala warung Kebelet Belut
Garang Asem Belut ala warung Kebelet Belut

Sajian kedua yang kami coba adalah Garang Asem Belut. Belut dimasak dengan kuah santan yang membuat rasa segar. Sajian ini terasa enak, namun kalau di lidah saya, sepertinya masakan ini lebih ke arah lodeh, bukan garang asem, karena belum ada rasa asam segar seperti ketika biasanya kita menikmati garang asem. Seporsi paket Garang Asem Belut plus nasi putih dan minum dibandrol dengan harga IDR 30,000.

Belut Teriyaki ala warung Kebelet Belut
Belut Teriyaki ala warung Kebelet Belut

Sajian terakhir yang kemarin kami cicipi adalah Belut Teriyaki. Sajian belut goreng yang kemudian dimasak dengan saus teriyaki ini cocok untuk kamu-kamu yang suka mencoba masakan oriental. Menu ini juga cocok untuk keluarga yang membawa anak-anak, karena tidak pedas dan cocok untuk anak-anak. Seporsi paket Belut Teriyaki ini dibandrol dengan harga IDR 28,000.

Selain tiga menu yang kami cicipi kemarin, masih ada berbagai macam menu yang boleh banget dicoba, seperti Belut Bumbu Rujak, Belut Sambel Merah, dan Belut Sambal Ijo. Warung Kebelet Belut juga menyediakan varian menu ayam dan lele, kalau semisal kamu gak suka belut.

Warung Kebelet Belut buka dari pukul 10:00 – 21:00 WIB. Untuk reservasi kamu bisa menghubungi nomor 082299330009 / 08999285550.

Hokay, selamat berburu kuliner sedap!

LEAVE A REPLY