Apa Itu Penyakit Anthrax dan Bagaimana Tanda-tandanya?

GULANGGULING.COM | BLOG INFORMASI – Penyebaran informasi saat ini sangat cepat dan bisa jadi menimbulkan keresahan pada warga masyarakat. Sore ini kami mendapati sebuah informasi terkait penyakit Anrthrax ini. Kami pun penasaran terkait informasi penyakit yang lebih mudah dilafalkan dengan antrak.

Berdasarkan hasil pencarian ( baca : googling ), Penyakit Anthrax ini merupakan jenis penyakit yang mematikan, dari beberapa sumber penyakit ini dapat menyebabkan kematian. 

Apa itu anthrax?

Anthrax adalah sebuah penyakit akibat infeksi bakteri serius yang disebabkan bakteri Bacillus anthracis. Pada keadaan normal, bakteri ini menghasilkan spora yang tidak aktif (dorman) dan hidup di tanah. Namun, saat spora ini masuk ke dalam tubuh binatang atau manusia, maka spora ini menjadi aktif. Spora yang aktif ini lalu mulai membelah diri dan menghasilkan racun. Spora ini dapat menyebar keseluruh tubuh dan menyebabkan penyakit yang berat.

Penyakit ini dapat mengenai kulit, paru – paru dan pada kasus yang jarang saluran pencernaan.

Apa saja tanda-tanda dan gejala anthrax?

Gejala anthrax tergantung tipe infeksi dan dapat dimulai kapan saja dari 1 hari hingga lebih dari 2 bulan untuk muncul. Terdapat 3 jenis infeksi, yakni Anthrax kulit, Anthrax Inhalasi dan Anthrax Gastrointestinal.

Anthrax kulit

Anthrax jenis ini menyerang kulit. Bakteri ini biasanya memasuki tubuh melalui kulit terbuka atau luka.

Benjolan merah kecoklatan yang gatal dan tidak nyeri muncul 1-12 hari setelah paparan. Kebanyakan benjolan muncul pada daerah wajah, leher, lengan, atau tangan. Benjolan ini membentuk lenting, lalu pecah dan membentuk bekas luka hitam eschar) dan bengkak pada sekitarnya. Kelenjar getah bening terdekat dapat membesar, penderita dapat merasa sakit dan kadang-kadang nyeri otot, sakit kepala, demam, mual dan muntah.

Anthrax inhalasi

Anthrax jenis ini menyerang paru-paru. Bakteri dapat memasuki paru-paru saat Anda menghirup spora. Gejala awalnya mirip dengan flu :

  • Demam dan menggigil
  • Berkeringat (sering basah)
  • Nyeri badan
  • Lelah berlebih
  • Sakit kepala, pusing, atau pening
  • Rasa tidak nyaman pada dada, seperti:
  • Sesak
  • Batuk
  • Mual, muntah atau nyeri perut

Anthrax Gastrointestinal

Anthrax gastrointestinal jarang terjadi. Anthrax ini menyerang sistem pencernaan. Anda dapat terkena anthrax ini dengan makan daging yang telah terkontaminasi. Gejala umumnya yaitu:

  • Leher atau kelenjar di leher membengkak
  • Sakit tenggorokan
  • Nyeri menelan
  • Suara serak
  • Mual dan muntah, khususnya muntah darah
  • Diare atau BAB berbdarah
  • Nyeri perut
  • Perut membesar

Kemungkinan tidak semua gejala di atas dirasakan, jika Anda sudah khawatir dengan apa yang Anda rasakan, maka sebaiknya konsultasikan pada dokter yang lebih tahu.

 

Apa penyebab anthrax?

Penyebab anthrax yaitu spora bakteri Bacillus anthracis yang aktif. Spora ini dapat bertahan hidup pada lingkungan selama bertahun-tahun kemudian bertunas dan membelah diri. Spora dapat menjadi racun dan menyebar ke seluruh tubuh saat terjadi kontak dengan binatang dan manusia.

Cara Penyebaran Penyakit Anthrax :

Penyakit Anthrax ini dapat memasuki tubuh manusia melalui 3 cara, yakin melalui kontak kulit, inhalasi dan konsumsi daging yang telah terkontaminasi.

Cara Pencegahan Anthrax :

Dengan membaca penyebaran penyakit ini di atas, maka hal yang perlu dilakukan untuk mencegah penyebarannya adalah Hindari kontak fisik dengan pasien penderita penyakit ini, hindari mengkonsumsi daging jika Anda berada pada daerah yang sedang mengalami kejadian Anthrax ini.

Jika Anda mendapati hewan yang terjangkit Anthrax, maka cara memeranginya adalah dengan memusnahkan hewan tersebut dengan cara pembakaran kemudian menguburnya sedalam-dalamnya karena daya tahan bakteri sangat anthrax kuat sekali.

Untuk semua hewan berkuku genap yang belum terkena infeksi Anthrax harus divaksinasi dan revaksinasi setiap enam bulan sekali. Sedangkan bagi manusia yang tertular tetap dapat diobati dengan pemberian antibiotika.

Tips Memilih Daging Agar terhindar dari Anthrax

Walaupun ada bahaya penyakit Anthrax ini namun kita tak perlu terlalu cemas, kita bisa mengenali daging yang terkena Anthrax. Ciri-ciri daging yang terinveksi Antrhax adalah berwarna kehitaman dan mengeluarkan darah terus, basah, baunya lebih anyir, dan kekenyalannya tak sebagaimana mestinya.

Walaupun anthrax dapat membahayakan nyawa, menurut sumber penyakit ini dapat diobati dengan antibiotik jika terdeteksi dini. Vaksin juga tersedia untuk orang yang berisiko.

Sekian hasil pencarian informasi seputar penyakit Anthrax dan semoga bermanfaat bagi kami dan Anda yang membutuhkan Informasi ini.

 

Informasi ini kami sadur dari berbagai sumber, beberapa diantaranya adalah :

http://www.resep.web.id/tips/apa-itu-penyakit-anthrax.htm

https://hellosehat.com/penyakit/anthrax/

http://tabloidnova.com/Keluarga/Anak/Jangan-Takut-Terhadap-Anthrax

http://omedicine.info/id/anthrax.html

 

 

LEAVE A REPLY