Cara Membuat Search View pada Toolbar Fragment Android

Website kumpulan Tutorial cara membuat Android
Website kumpulan Tutorial cara membuat Android

GULANGGULING.COM – Halo para programmer! Pada Artikel kali ini kami ingin berbagi pengalaman tentang cara membuat pencarian pada toolbar Android yang menggunakan Fragment. Bagi yang belum tau apa itu fragment pada Android, silakan baca cerita lebih detail tentang Fragment pada halaman dokumentasi disini.

Untuk kamu yang masih menggunakan Activity, kami sudah pernah menceritakan tentang bagaimana cara membuat menu pencarian pada toolbar Activity pada artikel ini :

Memasang Search View di Action Bar Android

Pada project Android kali ini kami membuat sebuah aplikasi sederhana yang menampilkan nama-nama negara dalam bentuk listview dan menambahkan fungsi pencarian dari toolbar aplikasi.

Pembuatan menu pencarian ini menggunakan widget yang bernama SearchViewWidget. Widget ini akan kita pasang pada Toolbar fragment yang sudah kita kombinasikan dengan Activity dan NavigationDrawer. Apa itu NavigationDrawer? dia adalah komponen menu yang bisa kita slide atau lihat disebelah kiri.

Untuk membuat menu pencarian ini pertama-tama yang kita lakukan adalah berdoa dan membuaka Android Studio. Buatlah project baru, jangan lupa beri nama projectnya, misalnya projectsayaganteng atau apalah yang kamu suka. Setelah memberi nama, jangan syukuran! eh maksud saya menentukan minimum versi Android, misalnya Android Jelly Bean. Pilih template navigationDrawer biar mudah dan sudah jadi.

Pada MainActivity buatlah sedikit fungsi custom untuk menghandle ketika menu pada navigation diklik akan membuka fragment. Contoh kode yang saya buat seperti di bawah ini, menggunakan nama fragment adalah searchFragment.

MainActivity selengkapnya seperti pada di bawah ini :

 

Setelah menyesuaikan file MainActivity, maka tiba saatnya kita membuat search pada searchFragment. Pada fragment tersebut kami membuat sebuah class yang extends-nya dari ListFragment dan mengimplementasikan dua listiner, yakni SearchView.OnQueryTextListener dan MenuItem.OnActionExpandListener. Lengkapnya bisa Anda lihat pada file dibawah :

Oh ya! Jangan lupa membuat menu pencarian yang menyertakan SearchViewWidget. Perhatikan search_menu.xml dibawah ini.

 

Setelah melengkapi project di atas, silakan run/ debug project Anda. Jika semua sesuai, maka akan muncul sebuah program yang menampilkan data pada Listview dan memiliki fungsi pencarian pada toolbar. seperti gambar dibawah.

Gambar Aplikasi Search View pada Toolbar Fragment
Gambar Aplikasi Search View pada Toolbar Fragment

Sampai disini, maka selesai sudah cerita berbagi kami tentang bagaimana cara membuat fungsi pencarian dari toolbar pada Fragment. Jika Anda mengalami kendala, maka jangan sungkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah.

Jika Anda mengalami kesulitan dalam mengimplementasikan kode-kode yang kami tulis di atas, maka bisa Anda download full source codenya dari halaman GitHub kami.

Download Source Code Aplikasi Android

Baca Artikel lain tentang Android di bawah :

 



Incoming search terms:

menggunakan widget searchview di toolbar.  cara membuat fragment.  cara membuat menu search di android studio.  cara membuat search view android studio.  membuat search bar di fragment menggunakan android studio.  membuat search pada fragment android.  menambahkan searvh pada toolbars.  

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY