Benda berbentuk kubus 6 sisi warna warni disebut Rubik

1603

Pada pertengahan 1970-an, Ern0 Rubik bekerja di Departemen Desain Interior di Akademi Seni Terapan dan Kerajinan di Budapest. Kubus digunakannya alat pengajaran untuk membantu murid-muridnya memahami objek 3D , tujuan yang sebenarnya adalah memecahkan masalah struktural yang bergerak pada bagian-bagian yang mandiri tanpa mekanisme yang menyebabkan seluruh bagiannya berantakan. Dia tidak menyangka bahwa dia telah menciptakan teka-teki sampai pertama kali dia bergegas Cube baru dan kemudian mencoba untuk mengembalikannya. – wikipedia

Sebuah benda berbentuk kubus bersisi 6 berwarna warni dan biasa disebut Rubik atau dalam bahasa linggis itu cube. Ini sebuah benda yang dulu saya sempat mengkoleksi dan pernah main. Sekarang sih masih main juga, tapi tidak secepat dulu, hahaha gaya bener cepat padahal paling cepet sekitar 40an detik. haha.

Setelah sekian lama saya tak menggeluti dunia rubik, kemaren malam saat bongkar bongkar file / hardisk saya menemukan beberapa video dan tutorial cara menyelesaikan rubik. Nah daripada ni file saya hapus begitu saja, maka saya putuskan untuk share kepada kamu yang pengen tau cara menyelesaikan rubik. Ada dua file yang akan saya share, kedua file ini berisi algoritma, ciyeeehh kaya pemrograman ajah #halah.  Kedua file tersebut bisa didownload Google Drive  . Download saja kedua file tersebut, lalu baca dan lalu praktekan. Prakteknya dimana? ya kamu kudu punya rubik dulu, kalau gak punya ya pinjam, atau kamu pergi ketoko yang rubiknya bisa dicoba. hahaha.

Perlu saya jelaskan jika kamu udah download kedua file itu, maka ada baiknya kamu belajar yang file Rubik’s Algorithm.pdf terlebih dahulu, karna di file ini ada cara-cara dasar untuk menyelsaikan rubik. caranya lebih serderhana, walaupun agak lebih lama. Nah kalau kamu udah terbiasa dengan cara ini silakan lanjur ke file pdf kedua F2L_print.pdf. cara F2L itu merupakan teknik lanjut dalam menyelasikan rubik, kalau kamu dah mahir maka niscaya bisa banter deh nyelesaiin rubik. Kalau mau cari Videonya silakan dicari aja di Youtube.

 

Download Cara Menyelesaikan Rubik 

Dah gitu aja, semoga bermanfaat.

5 COMMENTS

  1. Tempo hari Iyok minta dibeliin rubik.Ok aku beliin. Masalah timbul ketika dia minta aku nyelesaiin sampai bener. Sampai skrg belum jadi2. Mbok Iyok (& aku) diajarin main rubik. Tapi ojo nesu ya kalo gak bisa2 😀

LEAVE A REPLY