Update Android Studio 1.0 RC

66

Setelah selama ini Android Studio ber-versi dibawah 1 alias Nol koma sekian, akhirnya sekarang Android Studio sudah memiliki versi 1.0. Walaupun masih berstatus Release Candidate tapi bagi pengguna Android Studio sudah diberikan kesempatan untuk mencobanya dengan melakukan update langsung melalui IDE. Sebagai cah update yang kekinian saya sudah mecoba update  ke versi terbaru ini. Ada beberapa hal yang berbeda dengan versi terbaru ini, ada juga beberapa error yang saya alami saat melakukan update ini.

***

androidstudiobaru

 

Versi Baru dengan Icon Baru.

Ini penting bro, jadi versi anyar Android Studio ini punya icon baru gitu gaes. Tapi menurut saya ini bentuk Iconnya menyerupai jangka, iya gak sih? Hhe.. tapi yang jelas itu maksudnya huruf A 🙂

 ***

Memory Monitor

Entah ini baru atau udah ada dari versi sebelumnya yah, Tapi yang jelas setelah update ke versi terbaru saya melihat ada fitur ini. Fitur Memory monitor ini akan memunculkan grafik memory yang digunakan oleh aplikasi yang sedang kita develop.

monitormemory

 

 ***

Update dari versi 0.8.x 

Sebelum update ke versi 1.0 ini saya menggunakan Android Studio versi 0.8.x. Nah jika pakai versi ini maka untuk menginstal sampai versi 1.0 kita kudu update dua kali, pertama update ke versi 0.9.9 lalu check update lagi untuk install yang 1.0 RC. Jadi ini semacam updatenya gak bisa loncat langsung ke versi 1.0, tapi harus urut simultan gitu deh.

androidStudio08

cahupdateRC1

 

***

Warning Error setelah update

Ketika setelah proses download patch update selesai, biasanya Android Studio akan restart. Nah ini adalah warning pertama yang muncul setelah restart. Muncul jendela warning yang membawa pesan macam begini : “The Android SDK folder can no longer be inside the application folder. Please move it to a different location such as your home folder. When the IDE restart it will prompt you to enter the new location”.

Resolved problem : Dalam kasus saya menggunakan OS. Windows 8 . Mungkin ini akan berlaku juga untuk pengguna versi jendela lainnya. Caranya menyelesaikan masalah ini adalah mengikuti instruksinya; yaitu memindahkan folder ‘sdk’ dari folder user instalasi. Pada windows buka direktori C:\Users\[Username]\AppData\Local\Android\android-studio kemudian dindahkan folder ‘sdk’ yang ada disana, pindahkan saja ke direktori C:\Users\[Username]\AppData\Local\Android , kemudian klik “retry” atau restart Android Studio. Cara seperti ini setidaknya menyelesaikan pada kasus saya, untuk lebih lanjut silakan baca tentang ini disini

 

errorsdk

 

 

***

 

Perubahan beberapa nama properti dan salah satunya runProguard yang menimbulkan error.

Setelah selesai update kemudian saya membuka salah satu project dan melakukan Rebuild Project . Sesaat seletah menunggu proses Rebuild project saya mendapati pesan error yang ditimbulkan karna perubahan versi. Error ini tercatat pada Gradle, hal ini mungkin karna versi Android Studio baru dan gradle sistemnya juga baru. Setelah membaca dari beberapa literatur ternyata ada perubahan pada sistem build nya. Salah satunya jika anda membuak gradle anda maka properti runProguard diganti menjadi -> minifyEnabled . Pada kasus yang saya alami cukup mengganti baris script itu maka selesai. Beberapa perubahan pada build system ini bisa dibaca disini .

 

Nah kira kira itulah beberapa hal yang saya alami saat update Android Studio ke versi 1.0.

LEAVE A REPLY