Penanganan Demam Pada Anak

285

Setelah mengenal mengenai batuk pada anak, kali ini pembahasan mengenai demam juga harus dikupas. Seperti batuk, demam adalah salah satu hal yang sering mengganggu kesehatan anak. Lalu, apakah sebenarnya demam itu?

Demam adalah kondisi ketika suhu tubuh berada di atas 37.5 derajat celsius. Demam merupakan bagian dari proses kekebalan tubuh yang sedang melawan infeksi akibat virus, bakteri atau parasit. Demam tidak dianggap sebagai sebuah penyakit tetapi biasanya merupakan gejala dari sebuah gangguan kesehatan atau infeksi. Bagian dari otak yang disebut hipotalamus berfungsi untuk mengontrol suhu tubuh kita.

Jadi bisa dikatakan bahwa demam bukanlah suatu kondisi yang berbahaya. Demam diperlukan sebagai salah satu mekanisme pertahanan tubuh untuk menyingkirkan virus penyebab infeksi. Yang perlu kita ketahui, ternyata virus akan mati pada suhu tinggi, dan berkembang biak pada suhu rendah. Maka tingginya demam bukan berarti penyakitnya makin parah.

Tetap sebagai orang tua kita harus terus mengobservasi kondisi anak. Tetap tenag, tidak panik, amati perilaku anak. Berikan asupan cairan lebih banyak untuk mencegah dehidrasi. Pakaian anak sebaiknya tidak terlalu tertutup, biarkan anak memakai pakaian yang nyaman. Bila perlu kompres, maka kompreslah dengan air hangat, jangan gunakan air dingin. Pemberian obat turun panas bila perlu, karena obat turun panas hanya menurunkan suhu tubuh 1 derajat. Dan tujuan pemberian obat ini hanya untuk membantu memberikan rasa nyaman pada anak, sehingga anak bisa beristirahat dengan lebih baik.

Orang tua perlu waspada dan menghubungi dokter apabila: anak mulai menunjukkan gejala seperti demam mencapai 38,5 derajat celcius, kemudian anak terlihat lemas, muncul diare atau terjadi muntah-muntah, dan telihat gelisah. Sediakan termometer di rumah, ini penting untuk mengetahui suhu tubuh anak secara tepat. Pemeriksaan suhu tubuh yang paling tepat adalah menggunakan termometer. Jangan mengandalkan rabaan tangan untuk memastikan demam atau tidak.

demam

Menangani kejadian tidak terduga pada anak perlu ketenangan dan pikiran yang jernih. Maka dari itu, mari kita sebagai orang tua selalu belajar dan menambah pengetahuan terutama yang berkaitan dengan kesehatan anak. Salam sehat!

Baca Topik Lainnya:

 

Sumber:
http://www.alodokter.com/demam/
https://keluargasehat.wordpress.com/2009/08/13/apa-itu-demam-atau-panas-tubuh/

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY