Tips tidak mabuk dalam perjalanan mudik

452

Halow pemirsa, semoga kita diberi kesehatan dan keselamatan semuanya ya, aamiin. Lebaran hampir tiba nih, artinya akan banyak orang yang akan pulang kampung untuk berlebaran bersama keluarga besar. musim mudik pun hampir tiba.

Hampir bisa diprediksi setiap tahunnya, armada angkutan umum akan dipenuhi oleh pemudik. Baik jalur darat, laut, maupun udara. Begitu pula bagi pemudik yang memilih menggunakan transportasi pribadi. Apapun media transportasi mudik anda, pastikan keselamatan adalah nomor satu ya.

Dari banyak manusia yang menyandang predikat sebagai pemudik ini, pasti sedikit banyak akrab dengan kata: mabuk kendaraan. Hohoho. Kondisi mabuk kendaraan ini bisa saja terjadi mendadak (semisal ketika keadaan tubuh memang sedang tidak fit) atau memang sudah bawaan dari sononya. Saya ini termasuk manusia yang akrab dengan mabuk kendaraan ini.Sepertinya dari kecil sampai sekarang masih saja saya bermasalah ketika bepergian jauh. Ini seperti menjadi agenda tahunan, ya mudik, ya mabuk.

Kondisi mabuk kendaraan ini pasti sangat mengganggu. Ya mengganggu penderitanya sendiri, maupun orang lain di sekitarnya. Jelas hal ini mengganggu pemandangan. Dan karena ada juga jenis orang yang akan ikut mabuk ketika ada orang lain yang mabuk. Mungkin mabuk ini menular kali ya.

Eniwei, ada beberapa hal yang mungkin bisa dipraktekkan untuk menghilangkan atau paling tidak meminimalisir resiko mabuk kendaraan ini. Ini menurut pengalaman saya selama ini ya. Nah, yang bisa dilakukan adalah:

  1.  Jangan biarkan perut anda kosong sebelum memulai perjalanan. Isi perut dulu, makanlah yang cukup. Kondisi perut kosong akan mempermudah masuk angin, yang bisa membuat mabuk kendaraan.
  2. Usahakan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang memicu rasa tidak nyaman di dalam perut. Hindari mengkonsumsi susu, telur, jeruk, coklat, makanan pedas dan berlemak selama atau sebelum bepergian.
  3. Duduklah di tempat yang nyaman. Ada orang yang akan mabuk apabila dia tidak bisa melihat jalanan, atau duduk di kursi yang terlalu belakang.
  4. Minumlah obat anti mabuk. Paling tidak setengah atau satu jam sebelum bepergian. Biasanya konsumsi obat ini akan menyebabkan kantuk, sehingga anda akan tidur selama perjalanan.
  5. Yang paling penting: be happy. Nikmati perjalanan. Jangan pikirkan mengenai mabuk kendaraan. Kalau hati senang, maka insyaallah anda akan baik-baik saja.

Selain hal-hal tersebut, apabila anda termasuk golongan pemabuk akut seperti saya ini, jangan lupa untuk tidak merepotkan orang lain. Selalu siapkan tas plastik kecil di tas atau kantong anda, sewaktu-waktu dibutuhkan. Selalu siapkan minyak angin, dan air putih, atau permen untuk pelega setelah anda mabuk. Kalau anda berada dekat dengan kamar kecil, lebih aman apabila anda mengeluarkan isi perut anda di kamar kecil.

Nah, demikian tips yang bisa saya share. Sekali lagi tips ini saya bagikan menurut pengalaman saya selama ini ya. Selamat mudik. Selamat ulang kampung. Pulang kampung harus selamat. Selamat lebaran!

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY