Ketep Pass

94
Ketep Pass via gulangguling.com

GULANGGULING.COM | Jalan-jalan – Hola amigos, weekend hadir kembali! Sudah punya rencana mau kemana kali ini? Atau masih menimbang-nimbang mau kemana yang asyik? Minggu lalu, gulangguling berkesempatan melipir ke daerah Magelang, dan kemudian mampir cantik ke Ketep Pass.

Ketep Pass adalah sebuah obyek wisata yang terletak di Ketep, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah. Ketep Pass ini merupakan obyek wisata alam yang dikembangkan dengan ciri khas wisata kegunungapian, khususnya gunung merapi. Ketep Pass diresmikan sebagai kawasan wisata jalur Solo–Selo–Borobudur (SSB) oleh Presiden ke-5 Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri. Pada tanggal 17 Oktober 2002.

Lokasi Ketep Pass berada di puncak Bukit Sawangan (di tengah-tengah antara gunung merapi dan gunung merbabu). Ketep Pass berada pada ketinggian 1200 mdpl dan luas areanya kurang lebih 8000 meter². Berhati-hati dan waspada ketika berkendara menuju Ketep, karena medan jalanan menanjak dan juga sering bertemu dengan truk-truk besar pengangkut pasir. Lalu, apa saja sih yang bisa dinikmati di Ketep Pass?

Ketep Volcano Theatre dan Volcano Centre.
Ketep Volcano Theatre dan Volcano Centre.

GARDU PANDANG
Berupa 2 buah gazebo masing-masing dengan ukuran empat persegi panjang dan bangunan segi delapan dengan panjang panjang sisi lima meter. Tempat untuk melihat keindahan alam gunung Merapi dan gunung Merbabu. Serta hamparan lahan pertanian di kedua kaki gunung tersebut. Pengunjung bisa sambil menikmati makanan dan minuman yang disediakan oleh pedagang disekitar obyek.

KETEP VOLCANO THEATRE
Sebuah gedung tempat pemutaran film dokumenter tentang aktivitas gunung Merapi dengan kapasitas tempat duduk 78 kursi. Film ilmiah yang menceritakan tentang terjadinya, jalur-jalur pendakian, penelitian di puncak Garuda serta letusan dahsyat gunung Merapi.

KETEP VOLCANO CENTRE

Sebuah gedung yang disebut museum dangan luas kurang lebih 550 m². Sebuah museum vulcanologi yang didalamnya berdiri miniatur gunung Merapi, komputer interaktif yang berisi tentang dokomen kegunungapian, beberapa contoh batu-batuan bukti letusan dari tahun ke tahun. Poster puncak Garuda yang berukuran 3x3m, poster peringatan dini lahar gunung Merapi.

PELATARAN PANCA ARGA
Panca Arga mempunyai arti “lima gunung”, pada lokasi ini merupakan puncak tertinggi di obyek wisata Ketep Pass. Jika cuaca cerah, dari puncak tertinggi ini pengunjung dapat melihat lima gunung yaitu gunung Merapi, gunung Merbabu, gunung Sindoro, gunung Sumbing, dan gunung Slamet. Selain kelima gunung tersebut, pengunjung masih dapat melihat dan menikmati gunung-gunung kecil dan bukit-bukit yang sangat indah antara lain, gunung Tidar, gunung Andong, gunung Pring, bukit Menoreh, bukit Telo Moyo, dll.

TEROPONG
Sebanyak dua buah yang berada di puncak Panca Arga dan Gardu Pandang. Dengan alat ini pengunjung dapat melihat dengan jelas keindahan panorama gunung Merapi, gunung Merbabu dan gunung-gunung yang lain. Pengunjung bisa membayar IDR 3,000 saja untuk menggunakan teropong ini. Selain menggunakan teropong yang disediakan di gardu pandang, banyak pula jasa penyewaan teropong yang dijajakan oleh penduduk sekitar. Untuk menyewa teropong ini pengunjung cukup membayar IDR 5,000 dan tidak terbatas waktu penggunaan.

Pemandangan gunung merapi tertutup awan.
Pemandangan gunung merapi tertutup awan.

Untuk menikmati semua pemandangan cantik ini, pengunjung dikenai retribusi masuk sebesar IDR 7,500 dan bea parkir sebesar IDR 5,000 untuk roda empat. Tips untuk pengunjung: datanglah saat cuaca cerah, sehingga bisa menikmati pemandangan gunung yang bersih dan terlihat jelas. Bawalah jaket atau baju hangat, hal ini untuk berjaga-jaga bagi pengunjung yang tidak tahan hawa dingin.

Oke, selamat berpetualang! Berhati-hati dan waspada selalu saat berkendara!

Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Ketep_Pass
http://www.jatengpromo.com/promo/21/

Incoming search terms:

Ketep pass.  

LEAVE A REPLY