Kecepatan IndiHome Berkurang Ketika Melebihi Batas Kuota FUP

2138
Telkom IndiHome via Skrinsut Website IndiHome.co.id

GULANGGULING.COM | Informasi – Untuk anda pengguna IndiHome atau Indonesia Digital Home sebaiknya perlu tahu aturan ini. Mulai 1 Ferbruari 2016 kini Telkom membuat kebijakan baru dalam IndiHome dengan menghadirkan aturan Fair Usage Policy (FUP). Dalam FUP tersebut, nantinya pelanggan IndiHome akan mendapatkan batas fair usage atau batas penggunaan kuota Internet.

Disimpulkan dari halaman FAQ 32 IndiHome, pengeluran peraturan batas kuota ini bertujuan untuk menghindari penggunaan secara tidak wajar dari layanan ini. Salah satu penggunaan tidak wajar layanan ini adalah semua bentuk reselling dari layanan IndiHome.

Seperti kita ketahui bahwa layanan IndiHome ini memiliki kecepatan minimal yang sangat lumayan kencang, yakni 10 Mbps. Untuk layanan dengan kecepatan 10 Mbps tersebut kita diberi batas kuota sebesar 300 GB. Setelah mencapai batas kuota kecepatan akan turun 25%, jadi maksimal kecepatan hanya sebesar 75% dari kecepatan semula. Setelah mencapai mencapai 400 GB, maka kecepatan akan turun menjadi 40% dari kecepatan semula.

Dalam ilustrasi yang diberikan Telkom, batas kuota 300 GB ini sudah setara dengan menonton film kualitas SD selama 1800 jam atau 120 film. Atau setara dengan nonton film kualitas HD setara 300 jam.

Batas Kuota IndiHome
Batas Kuota IndiHome

[Baca Juga : Telkom Blokir Akses Netflix]

Berikut penjelasan batas kuota layanan IndiHome setiap paketnya :

Batas Kuota IndiHome 10 Mbps :

Untuk layanan dengan kecepatan 10 Mbps maka Fair Usage yang diberikan adalah hingga 300 GB. Setelah itu kecepatan turun hanya 25% saja hingga mencapai 400 GB. Setelah itu kecepatan turun menjadi 40% unlimited.

Batas Kuota IndiHome 20 Mbps :

Untuk layanan dengan kecepatan 20 Mbps maka Fair Usage yang diberikan adalah hingga 500 GB. Setelah itu kecepatan turun hanya 25% saja hingga mencapai 800 GB. Setelah itu kecepatan turun menjadi 40% unlimited.

Batas Kuota IndiHome 30 Mbps :

Untuk layanan dengan kecepatan 30 Mbps maka Fair Usage yang diberikan adalah hingga 700 GB. Setelah itu kecepatan turun hanya 25% saja hingga mencapai 1200 GB. Setelah itu kecepatan turun menjadi 40% unlimited.

Batas Kuota IndiHome 40 Mbps :

Untuk layanan dengan kecepatan 40 Mbps maka Fair Usage yang diberikan adalah hingga 900 GB. Setelah itu kecepatan turun hanya 25% saja hingga mencapai 1600 GB. Setelah itu kecepatan turun menjadi 40% unlimited.

Batas Kuota IndiHome 50 Mbps :

Untuk layanan dengan kecepatan 50 Mbps maka Fair Usage yang diberikan adalah hingga 1200 GB. Setelah itu kecepatan turun hanya 25% saja hingga mencapai 2000 GB. Setelah itu kecepatan turun menjadi 40% unlimited.

Batas Kuota IndiHome 100 Mbps :

Untuk layanan dengan kecepatan 100 Mbps maka Fair Usage yang diberikan adalah hingga 2000 GB. Setelah itu kecepatan turun menjadi 50% unlimited.

Nah bagaimana menurut anda tentang aturan baru ini? apa kamu merasa dirugikan ? atau anda termasuk orang yang cuek dengan aturan ini? Jika anda punya pendapat lain, jangan sungkan memberikan pendapat anda pada kolom komentar dibawah.

via FAQ IndiHome

 

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY