Kini Gedung Agung Terbuka Untuk Umum

760
Gedung Agung via yogyakarta.panduanwisata.id

GULANGGULING.COM | Berita –  Kabar gembira untuk kita semua! Kini Gedung Agung terbuka untuk umum! Yay!

Dikabarkan laman facebook page Yogyakarta, mulai Senin, 1 Februari 2016 Gedung Agung terbuka untuk kunjungan masyarakat umum. Rupanya beberapa admin pengelola akun sosial media Jogja sudah mengunjungi Istana Kepresidenan Gedung Agung, Yogyakarta. Jadwal kunjungannya sendiri yaitu tiap Senin-Kamis pkl 09.00-11.00 WIB, dan 13.00-15.00 WIB. Pengunjung diharapkan berpakaian rapi, bersepatu, dan untuk masuk ke Gedung Agung cukup mendaftar dulu di Pos Jaga. Kunjungan ini gratis, alias tidak ada punggutan biaya masuk.

Para admin yang mengunjungi Gedung Agung
Para admin yang mengunjungi Gedung Agung

Gedung Agung sendiri adalah salah satu istana kepresidenan yang ada di Indonesia. Bertempat di kawasan Malioboro, Gedung Agung atau Istana Yogyakarta, berfungsi sebagai kantor dan kediaman resmi Presiden Republik Indonesia. Gedung Agung biasanya digunakan apabila Presiden sedang melakukan kunjungan atau tugas kenegaraan. Selain itu juga sebagai tempat menerima atau menginap tamu-tamu negara.

Istana Yogyakarta terdiri atas enam bangunan utama yaitu Gedung Agung (gedung utama), Wisma Negara, Wisma Indraphrasta, Wisma Sawojajar, Wisma Bumiretawu danWisma Saptapratala. Gedung utama yang selesai dibangun pada 1869 sampai sekarang bentuknya tidak mengalami perubahan. Ruangan utama yang disebut dengan Ruang Garuda berfungsi sebagai ruangan resmi untuk menyambut tamu negara atau tamu agung yang lain.

Sebelumnya memang Gedung Agung tidak dibuka untuk kunjungan umum. Ada ketentuan khusus yang harus dilakukan seandainya ingin mengunjungi Gedung Agung ini. Ada surat permohonan yang harus disampaikan, dan jumlah rombongan juga dibatasi. Namun setahu saya pribadi memang Gedung Agung ini dari dulu terbuka bagi kunjungan sekolah, namun kembali lagi, harus ada perizinan dari pihak Gedung Agung.

Meskipun begitu, pengunjung harus mengikuti perarutan dan menjaga sikap. Ada beberapa bagian gedung yang tetap tertutup untuk pengunjung. Dan juga ada aturan untuk mengambil foto.

Jadi silakan bagi masyarakat yang penasaran bisa langsung saja menuju Malioboro. Ingat untuk berpakaian rapi, dan silakan jalan-jalan ke Gedung Agung.

Sumber:
https://www.facebook.com/jogya /?fref=ts
https://id.wikipedia.org/wiki/Gedung_Agung

Photo credit:
https://www.facebook.com/jogya/photos/a.157179182476.127982.87842287476/10153282185157477/ ?type=3&theater

LEAVE A REPLY