Benarkah Berita Fenomena Equinox akan terjadi?

1458
gambar bumi via pixabay

GULANGGULING.COM | BERITA – Sebuah pesan berantai kembali saya dapat dari salah satu grup WhatsApp yang saya ikuti. Berita kali ini berisi informasi tentang akan ada kejadian fenomena Equinox.

Menurut pesan yang saya terima dari salah satu aplikasi chat WhatsApp ini mengabarkan bahwa akan ada peningkatan drastis terhadap suhu panas bumi, terutama di bagian Malaysia, Singapura dan Indonesia.

Pada pesan tersebut juga menyebutkan agar kita memperbanyak minum untuk menghindari Dehidrasi karena konon panas akan mencapai 40° Celcius.

Namun apakah berita ini benar? Karena saya tak mudah percaya informasi macam ini, maka saya tak ikut-ikutan menyebar berita ini. Saya lebih memilih melakulan kroscek ke sumber termasuk melakukan googling untuk mengetahui benar atau hoax berita ini.

Berdasarkan pencarian ( googling ), saya tak menemukan kebenaran dari berita ini. Hasil pencarian justru mengarah pada bahwa berita ini adalah hoax.

Berbagai media besar indonesia seperti detik dan metro sudah ikut mengabarkan hal tersebut. Bahkan pihak BMKG pun ikut akan bicara untuk mengabarkan bahwa pesan berantai yang mengatakan kenaikan suhu sampai 40 derajar adalah tidak benar alias hoax.

Menurut sumber yang kami baca kenaikan suhu karena Fenomena Equinox di Indonesia tidak sampai ke 40 derajar Celcius. Sumber juga menjelaskan bahwa Fenomena Aquinox adalah terjadinya matahari pada posisi tepat di atas garis khatulistiwa yang dikabarkan akan terjadi pada Senin (21/3/2016) mendatang. Suhunya pun dinilai akan mencapai angka 34 derajat Celcius. Di Indonesia fenomena Matahari tepat di atas katulistiwa diramalkan akan terjadi pada bulan Maret dan Septermber.

Selepas dari berita viral ini, menjaga tubuh agar tidak dehidrasi memang merupakan hal yang penting. Setiap individu memang sudah sepatutnya untuk mengkonsumsi air putih banyak setiap harinya. Selain untuk menjaga dehidrasi, konsumsi air putih memang sehat untuk tubuh manusia. Setuju?

Daripada kita ribut masalah kebenaran isu ini, akan lebih baik dan bijaksana jika kita memang selalu waspada dan menjaga kondisi badan.

Beberapa sumber yang mengabarkan tentang berita ini :

  • http://daerah.sindonews.com/read/1094019/194/bmkg-imbau-masyarakat-jangan-panik-saat-equinox-1458298389
  • http://m.metrotvnews.com/read/2016/03/18/500558/bmkg-suhu-udara-normal-tak-ada-fenomena-equinox
  • http://news.detik.com/berita/3168111/isu-fenomena-equinox-bikin-suhu-jadi-40-derajat-celcius-di-indonesia

Berikut bunyi pesan viral tentang fenomena equinox:

Dear all, karena fenomena Equinox yang akan mempengaruhi Malaysia, Singapura dan Indonesia di 5 hr ke dpn. Pls tinggal di dalam rumah terutama dari jam 12:00-15:00 setiap hari. Suhu akan berfluktuasi sampai 40 derajat Celcius. Hal ini dapat dengan mudah menyebabkan dehidrasi dan matahari stroke. (Ps:. Fenomena ini adalah karena matahari diposisikan tepat di atas garis khatulistiwa di tgl 20 Maret.

Harap menjaga diri agar tdk dehidrasi. Setiap orang harus mengkonsumsi sekitar 3 liter cairan setiap hari. Memonitor tekanan darah. Kemungkinan mendapatkan serangan panas.

Mandi air dingin sesering mungkin. Mengurangi mkn daging, perbanyak mkn buah & sayuran.

Tempatkan lilin tidak terpakai di luar rumah. Jika lilin bisa meleleh, berarti udara dalam tingkat yang berbahaya.

Selalu menempatkan ember dgn air setengah penuh di ruang tamu & di setiap kamar untuk menjaga suhu tetap lembab.

Pengalaman pertama di Malaysia dan Singapore. Heat stroke yang tidak memiliki gejala indikasi. Setelah pingsan, yang serius berbahaya seperti kegagalan organ dalam.
Hari menjadi lebih hangat mungkin lebih dari 2 minggu ke depan. Bisa sampai 9 derajat lebih tinggi dari biasanya !

http://www.straitstimes.com/singapore/warmer-days-likely-over-next-2-weeks-nea

 

Artikel ini ditulis dengan tujuan untuk melakukan kroscek kebenaran berita yang beredar dari pesan elektronik. Segala informasi yang didapat, kami sadur dari berita yang kami cari dan tidak ada unsur menambah informasi. Mari mencerdaskan pembaca dengan tulisan yang memberikan sumber dan informasi benar.

 

Salam!

 

 

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY