Inilah 10 Gambar Pahlawan di Uang Rupiah Baru

15759
gambar-uang-kertas-rupiah
Uang rupiah via newsth.com

GULANGGULING.COM | Informasi – Bank Indonesia (BI) akan segera mengedarkan uang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Rencananya, di penghujung tahun 2016 ini pemerintah akan mengeluarkan uang NKRI dalam bentuk pecahan uang kertas mulai dari Rp 2.000 hingga Rp 50.000. Uang logam juga akan disesuaikan dengan desain yang baru.

Keputusan ini tertuang dalam Keppres No. 31 Tahun 2016 tentang Penetapan Gambar Pahlawan Nasional Sebagai Gambar Utama Pada Bagian Depan Rupiah Kertas dan Rupiah Logam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dengan adanya perubahan ini, pihak Bank Indonesia (BI) juga akan mengubah uang rupiah kertas dan logam yang selama ini beredar. Sebab, ada 10 pahlawan yang wajahnya akan masuk di uang rupiah. Sementara itu, pecahan Rp 100.000 akan tetap menampilkan wajah dua proklamator RI, yaitu Presiden dan Wakil Presiden Pertama RI, Soekarno dan Mohammad Hatta.

Untuk informasi, uang yang sekarang beredar di masyarakat adalah uang rupiah saja, sementara rencana pihak BI dan Pemerintah akan mengeluarkan seri Uang Negara Republik Indonesia (NKRI). Apa bedanya? Uang yang selama ini kita pegang dan beredar di masyarakat hanya memuat tandatangan Gubernur BI. Sementara uang NKRI ini adalah uang yang akan ditandatangani oleh Gubernur BI dan Menteri Keuangan (Menkeu).

Dan inilah desain baru uang rupiah NKRI dengan gambar pahlawan yang baru:

gambar-uang-kertas-baru
Desain Uang Negara Republik Indonesia via detik.com

Perubahan desain uang rupiah ini masih terus dalam proses, mengingat proses percetakannya yang pastinya memakan waktu yang tidak singkat.

Jadi, kita tunggu saja peredaran uang rupiah NKRI ini di masyarakat.

Sumber: Detik Finance, GNFI

LEAVE A REPLY