Cara Membuat Format Waktu 1 Minutes Ago, Yesterday, 2 Days Ago di Android

347
Cara Membuat Format Waktu 1 Minutes Ago, Yesterday, 2 Days Ago di Android
Cara Membuat Format Waktu 1 Minutes Ago, Yesterday, 2 Days Ago di Android

GULANGGULING.COM | ANDROID – Beberapa aplikasi seperti WhatsApp, Twitter dan Facebook, biasanya menampilkan format waktu yang relative terhadap waktu sekarang. Biasanya mereka menampilkan sebuah list dimana waktunya bertuliskan ‘1 menit yang lalu’ atau 15 minutes ago, bahkan waktu pesan yang dikirim satu hari sebelum hari ini ditampilkan dengan tulisan ‘Yesterday’ atau ‘kemarin’.

Pada kesempatan ini saya akan berbagi cara bagaimana membuat format waktu pada Android menjadi seperti format time ago, 1 minutes ago, 2 hours ago, yesterday dll.

Aplikasi ini saya beri nama Android Time Ago. Tampilannya kira-kira akan begini :

Membuat format waktu menjadi 1 Minutes Ago di Android
Membuat format waktu menjadi 1 Minutes Ago di Android

Untuk memformat waktu pada Android agar menjadi relative terhadap waktu sekarang adalah dengan menggunakan fungsi yang bernama getRelativeTimeSpanString(). Format fungsi ini dapat digunakan dan akan mengembalikan nilai seperti dibawah :

Dalam contoh aplikasi ini saya akan menampilkan data dalam bentuk list dan menyajikan format waktu dalam bentuk time ago. Dengan memanfaatkan fungsi getRelativeTimeSpanString(), saya membuat sebuah fungsi helper yang bertujuan untuk memformat waktu ke dalam bentuk relative time.

Dibawah ini adalah AppHelper.java yang berisi fungsi untuk mengkonversi waktu :

Dengan fungsi helper diatas kita dapat memformat waktu dalam bentuk time ago, untuk menggunakan fungsi tersebut kita hanya perlu memanggil fungsi getTimeAgo() lalu memasukan parameter waktu dengan format “yyyy/MM/dd HH:mm:ss” . Contohnya:

Selanjutnya tinggal disesuaikan dengan keperluan menampilkan data dalam bentuk list. Jika kita biasanya mengenal adapter untuk menampilkan data dalam bentuk listitem, maka kita tinggal menambahkan fungsi getTimeAgo() ini untuk mengolah setiap waktu yang hendak ditampilkan pada list tersebut.

Untuk lebih jelasnya, silakan download dan coba compile source code aplikasi dari GitHub saya.

Download source code Aplikasi Android di GitHub

 

Sekian tutorial ini, semoga bermanfaat bagi saya dan Anda yang membutuhkannya.

 

Mau tau cara mengirim push notifikasi di Android ?  :

 

 

 

 

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY