Mengenal Push Notifikasi Android ala Firebase Cloud Messaging

5338

GULANGGULING.COM | TUTORIAL ANDROID – Pada artikel kali ini saya akan berbagi pengalaman saat mencoba membuat push notifikasi pada android dengan firebase. Bagi yang belum tau apa itu firebase, silakan baca disini ya.

Pada percobaan kali ini Push Notifikasi akan dibuat menggunakan Firebase Cloud Messaging atau disingkat dengan FCM. Apakah FCM itu? FCM adalah sebuah layanan yang digunakan sebagai solusi untuk melakukan pemberitahuan (notifications) untuk aplikasi berbasis Android, iOS maupun aplikasi web.

Firebase Cloud Messaging (FCM) is a cross-platform messaging solution that lets you reliably deliver messages at no cost.

Dahulunya Firebase Cloud Messaging ini bernama Google Cloud Messaging atau GCM, namun sekarang sudah berubah dan menjadi lebih besar di Firebase. Anda bisa mempelajari lebih lanjut di firebase.google.com

Kali ini saya akan mencoba mengimplementasikan fitur Push Notification dari FCM. Tak perlu membuat coding sendiri, kita download saja sample yang telah tersedia disana. Oh ya sebelum silakan buat dulu akun firebase bagi yang belum punya, setelah itu setuplah untuk membuat project android.

Langkah utama untuk mengimplementasikan FCM di Android adalah membuat project di Firebase dan mengintegrasikannya dengan aplikasi Android. Langkah-langkah detailnya seperti ini;

  1. Membuat akun atau project console di Firebase Console, Lalu Create New Project atau buatlah project baru, beri nama sesuai keperluan Anda.
  2. Setelah masuk dashboard, lalu carilah tombol Add Firebase to yout Android app dan ikuti saja langkahnya (masukan nama namespace dari aplikasi anda, lalu generate dan download file confignya (google-services.json).
  3. Letakan file google-services.json tersebut di folder app/ dari project Anda.
  4. Jangan lupa tambahkan dependensi pada gradle, lalu sync project anda. Pastikan tak ada error yang terjadi ya gaes :

Jika Anda susah memahami proses diatas, sebaiknya download saja contoh yang sudah saya sediakan di GitHub. File yang ada di GitHub ini adalah murni contoh yang disediakan oleh Firebase, jadi Anda tak perlu ragu untuk menggunakannya.

Setelah download / clone project diatas, silakan buka project tersebut di Android Studio namun jangan terburu-buru untuk di-run. Lakukan dulu langkah ke-2 yang sudah saya jelaskan diatas, langkah tersebut untuk meng-generate file google-services.json untuk project.

Setelah berhasil menambahkan file google-services.json, selanjutnya lakukan run aplikasi tersebut, boleh ke Emulator atau-pun ke device langsung, saya sih lebih prefer langsung ke device (lebih cepat dan ringan).

Gambar 2

Jika berhasil run maka, selanjutnya akan muncul seperti seperti pada gambar 2. Nah disini saya akan menjelaskan bagaimana cara mencoba contoh atau sample dari push notifications ini.

Jika Anda perhatikan, pada aplikasi tersebut terdapat dua tombol. Tombol pertama digunakan jika user anda ingin subscribe topik tertentu, dalam hal ini contohnya adalah topik bernama “news”. Dalam artian Anda dapat membuat banyak topik, dan enaknya; kita dapat mengirim pesan notifikasi per topik tersebut, jadi semacam group dari para user. Enak tho?

Tombol kedua adalah untuk melihat token dari device tersebut. Token ini untuk apa? Token ini jelas untuk mengenali device atau bisa dikatakan ini adalah alamat pengiriman dari device user. So, dengan adanya token ini Anda dapat mengirimkan pesan notifikasi per device dengan alamat tujuan adalah token tersebut. Sampai disini saya harap anda semakin paham.

Selanjutnya, bagaimanakah cara mengirim push notifications dengan firebase ini? sejauh ini ada dua metode cara kirim notifikasi. Metode pertama adalah paling simple, mengirim melalui halaman console firebase. Secara sederhana, kita login ke Console Firebase, lalu kita mengirimkan pesan notif melalui fitur yang sudah tersedia disana. Metode kedua adalah dengan dengan membuat server sebagai pengirim pesan, bahasa pemrogramannya bisa menggunakan php, go lang, phyton, java ataupun bahasa alien lainnya.

Nah khusus pada artikel ini, saya akan menjelaskan dengan metode paling simple, yakni mengirim pesan push notifikasi lewat dashboard console firebase. Untuk metode kedua, saya jelaskan pada artikel lainnya disini : Cara mengirim pesan notifikasi ke Android dengan PHP.

send-notification-fcmLangkah-langkah mengirim notifikasi dengan Firebase Cloud Messaging adalah :

  1. Masuk ke dashboard anda atau Console Firebase.
  2. Pilih project anda, lalu pilih menu Notifications. Biasanya menu ini terletak di sebelah kiri. Lalu selanjutnya buat new message atau pesan. Lihat gambar, Ada tiga pilihan target ; User segment, Topic, Single device. Pilihan topik itu untuk jenis tombol pertama pertama pada aplikasi, sementara single device itu mengirim berdasarkan token per device.
  3. Jika anda gunakan opsi single device, maka anda diharuskan memasukan token tujuannya. Cara memperolehnya bagaimana? Buka apliaksi anda lalu tekan tombol log token, Anda dapat menemukan token dari log di Android Studio. Setelah itu kirim notif.
  4. Jika anda menggunakan opsi Topic, maka anda cukup memilih topik yang ingin anda kirimi notif, lalu send.
  5. Pesan notifikasi akan muncul ketika aplikasi sample ini berjalan di background.

Oke, sampai disini cerita pengalaman mencoba membuat push notifikasi di Android. Semoga Anda dapat paham dengan artikel ini, jika Anda masih tidak paham bisa jadi memang karena tulisan ini yang berkualitas buruk. Maapkan saya.

Pada artikel selanjutnya saya menuliskan tentang cara membuat aplikasi push notifikasi di Android dan menggabungkannya dengan server php, tentunya masih dengan firebase cloud messaging. Silakan baca disini : Cara Membuat Push Notifikasi dengan Firebase Cloud Messaging – Part 2

Sampai jumpa!

 

Baca juga Tutorial Android Lainnya : 

 

Incoming search terms:

apa itu api push notification pada android studio.  Aplikasi notifikasi dengan metode firebase cloud messege.  contoh aplikasi firebase cloud messaging.  Sebuah layanan yang di gunakan sebagai solusi untuk melakukan (notfications) untuk aplikasi berbasis android ios maupun aplikasi web.  

6 COMMENTS

  1. saat run ada err muncul spt ini :

    Error:Execution failed for task ‘:app:processDebugGoogleServices’.
    > No matching client found for package name ‘com.example.mukhlis.TesFirebase’

    ada solusi ya gan?

LEAVE A REPLY