Membuat Aplikasi Android untuk Cek Koneksi Internet

1606
Tutorial Cara Membuat Aplikasi Android untuk Cek Koneksi Internet
Tutorial Cara Membuat Aplikasi Android untuk Cek Koneksi Internet

GULANGGULING.COM | TUTORIAL ANDROID –  Kembali lagi melanjutkan serial koding Android. Kali ini saya akan memberikan tip yang sangat sederhana, Yakni membuat aplikasi Android yang di dalamnya ada proses melakukan pengecekan koneksi Internet.

Ini terlihat simple, namun bagi Anda yang ingin membuat aplikasi Android, terutama yang menggunakan koneksi dengan Internet, maka fungsi ini cukup diperlukan. Terlebih untuk penanganan error saat user tidak memiliki Internet ataupun berada pada jaringan Internet lemah.

Source Code nya sangat sederhana, script dibawah menjelaskan bagaimana mendeteksi koneksi internet.

Dengan fungsi getTypeName() kita dapat menghasilkan jenis koneksi baik melalui Wifi ataupun MOBILE. Untuk mendapatkan jenis koneksi maka kita dapat menggunakan fungsi getSubTypeName().

Dari fungsi diatas, mari kita buat aplikasi sederhana yang berfungsi mendeteksi koneksi internet.

Persiapan pertama mari kita buat layoutnya, sederhana saja, kita create project lalu menambahkan satu button saja pada layout activity_main.xml.

 

Selanjutnya menambahkan fungsi button pada MainActivity.java untuk melakukan cek konektivitas Internet.

Dengan aplikasi diatas, kita dapat menghasilkan informasi mengenai koneksi internet yang sedang digunakan pada smartphone.

Oke, sekian tutorial kali ini, sampai ketemu pada artikel selanjutnya. Semoga bermanfaat bagi saya dan Anda sekalian.

Download Source Code on GitHub

 

Incoming search terms:

button koneksi ke jaringan wifi di android studio.  cara membuat connectivity manager android studio.  cara mengecek koneksi internet android dengan kode.  

LEAVE A REPLY