Cara Membuat Push Notifikasi di Android dengan Firebase Cloud Messaging

Artikel ini merupakan lanjutan dari artikel Mengenal Push Notifikasi di Android dengan Firebase Cloud Messagingsaya sarankan anda membaca artikel tersebut sebelum meneruskan membaca artikel ini.

***

GULANGGULING.COM | ANDRIOD – Melanjutkan artikel sebelumnya, kali kita akan meng-custom aplikasi tersebut sehingga memiliki fungsi registrasi/mendaftarkan user Android ke server (php + mysql).

custom-firebase-cloud-messagingLangsung saja ya, jika Anda sudah membaca artikel sebelumnya, maka kita masih akan menggunakan file project yang sama. Namun kali ini saya akan mengganti nama package-nya dari com.google.firebase.quickstart.fcm menjadi com.google.firebase.custom.fcm. Silakan ganti terlebih dahulu nama tersebut, cara untuk mengganti nama package Android dapat dibaca pada artikel ini :  Cara Rename Project di Android Studio (Refactor) 

Setelah berhasil melakukan refactor project, selanjutnya mendaftarkan name package ke Firebase Console, silakan masuk ke firebase kemudian add app dan masukan nama package untuk mendownload file google-services.json (lihat gambar). Letakan file tersebut di dalam folder /app project, lalu lakukan sync atau build pada Android Studio.

Firebase Cloud Messaging Add Project Push Notifications
Firebase Cloud Messaging Add Project Push Notifications

Selanjutnya kita akan menambahkan perubahan pada project tersebut. Pertama-tama yang akan kita buat adalah sebuah class Constant, isi dari file tersebut adalah untuk menyimpan alamat server.

Selanjutnya kita buat file class activity bernama RegisterActivity.java. Pada class ini kita akan menambahkan fungsi untuk mengirimkan parameter berupa token dan input email dari user ke server php.

Important Noted : Dalam class ini saya menggunakan library Volley untuk proses kirim data ke server.

Selanjutnya kita buat file layout untuk class diatas. Layout ini kita beri nama register_layout.xml . Pada layout ini kita tambahkan input berupa email dan tombol register untuk aksi mengirim data ke server.

Setelah membuat kedua file diatas, selanjutnya mendaftarkan RegisterActivity ke Manifest.xml dan jadikan file tersebut menjadi main intent.

Setelah semua langkah diatas dilakukan, selanjutnya silakan build project. Pastikan tidak ada error yang muncul disana. Jika masih ada error maka silakan diperbaiki, error yang muncul biasanya soal library.

Form Register untuk FCM
Aplikasi Android Register FCM

Sampai disini kita sudah membuat custom dari project push notifikasi dengan firebase cloud messaging. Jika semua sudah tak ada error, maka kita sudah bisa menjalankannya. Silakan run di emulator atau pada device, Jangan buru-buru untuk mencoba aplikasi ini, fungsi register belum bisa berjalan karena kita belum membuat server side (php) untuk penyimpanan data tersebut ke database (mysql).

Server Side (PHP + MYSQL)

Selanjutnya kita akan membuat database dan file server (php) untuk menerima proses register dari aplikasi Android. Pertama-tama buat database -nya.

Setelah membuat databasenya, selanjutnya membuat file php untuk menerima kiriman data dari aplikasi Android. File ini bernama register.php :

Form Register untuk FCM
Form Register untuk FCM

Sampai langkah ini kita sudah berhasil membuat aplikasi Android yang memiliki fungsi penyimpanan data token Firebase ke server (php+MySql). Selanjutnya, saya akan menjelaskan tentang bagaimana cara mengirimkan push notifikasi Android dengan php, tentunya bersambung ke artikel lainnya disini : Cara Mengirim Push Notifikasi ke Android dengan PHP 

Download Source Code

Incoming search terms:

membuat push notification android studio.  aplikasi push notifikasi android.  membuat webview dan notifikasi.  cara membuat push notification android.  cara membuat notifikasi android.  cara membuat notifikasi di web view.  membuat push notifikasi dengan firebase.  contoh aplikasi dengan firebase.  fungsi fcm token.  fungsi firebase.  membuat custom notifikasi.  membuat notifikasi website ke android fcm.  cara push notification.  membuat push notifikasi di android studio.  notifikasi android dengan firebase php server.  notifikasi android studio dengan button server php.  notifikasi toast php.  Push notifikasi pada android.  cata bikin push notification apk.  cara push notification android.  android client server dengan notifikasi.  cara meningkatkan push notification android.  cara membuat push notifikasi.  cara membuat notifikasi jadwal di android.  cara membuat notifikasi dengan webview.  cara membuat notifikasi android dengan cloud messages.  cara membuat cloud messaging firebase.  cara membuat aplilasi android webview dengan notifikasi.  Cara memberi notifik.  Cara buat notifikasi.  artikel notification dengan Firebase Cloud messaging.  Aplikasi push notif.  

1 COMMENT

  1. Gan, mau nanya gimana caranya biar notif yang muncul adalah notif yang terakhir dikirimkan.
    Misal : A kirim notif ke B, kemudian C kirim notif ke B. Maka B menampilkan 2 notif dari A dan C, gimana biar B hanya menampilkan notif yang terakhir dikirimkan (dari C).
    Seperti aplikasi Line, WA, BBM kan notif yang muncul yang terakhir mengirim pesan.

LEAVE A REPLY