Desa Wisata Sambi – Kaliurang

1031
Ledok Sambi via gulangguling.com

GULANGGULING.COM | Jalan-jalan – Berwisata itu menyenangkan ya. Mulai wisata belanja, atau wisata kuliner, dan yang juga bisa menenangkan jiwa raga adalah wisata alam. Di Yogyakarta sendiri banyak desa-desa wisata yang memang menyuguhkan panorama alam yang asri. Salah satunya yang bisa dikunjungi adalah desa wisata Sambi.

Desa wisata Sambi berada di kawasan utara Yogyakarta, tepatnya di Jalan Kaliurang km. 19 padukuhan Sambi, desa Pakembinangun, kecamatan Pakem, kabupaten Sleman, DIY. Desa wisata ini menghadirkan panorama alam yang sangat indah untuk dinikmati. Panorama alam pesawahan dan pepohonan yang rindang memberikan kesegaran dan ketentraman. Ada juga rumah-rumah adat seperti joglo, limasan, simon, dengan halaman yang luas, bisa dipakai media bermain sambil menikmati sejuknya udara serta suasana desa alami asli Jogja.

Lalu ada apa saja sih di desa wisata Sambi ini? Desa wisata Sambi memiliki beragam potensi wisata yang menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan. Desa wisata Sambi menawarkan panorama desa yang sejuk, asri dan nyaman. Pengunjung bisa berjalan menyusuri desa (tracking) dengan dipandu olah pemandu setempat. Dengan tracking, pengunjung bisa melihat secara langsung lahan pertanian dan peternakan dari penduduk setempat.

Selain tracking, pengunjung juga bisa ikut mempraktekan secara langsung kegiatan-kegiatan pertanian seperti menanam padi, membajak sawah, dan ada pula pembelajaran budidaya jamur. Pengunjung juga bisa mempraktekan cara memerah susu sapi secara tradisional, belajar membudidayakan sapi perah, dan menangkap ikan di sawah.

Desa wisata Sambi memiliki berbagai macam kesenian rakyat, antara lain wayang kulit, karawitan Jawa, uyon-uyon dan lain-lain. Selain melihat pertunjukan kesenian tersebut, pengunjung dapat secara langsung mempelajari kesenian tersebut. Pelatihan kesenian dilakukan dalam kelompok-kelompok. Ada pula ritual kebudayaan yang biasanya dilakukan masyarakat setempat, yaitu kenduri, sadranan, dan ruwahan. Sadranan dilaksanakan pada setiap tanggal 21 Sya’ban. Pengunjung dapat ikut serta dalam acara tersebut.

Untuk menikmati semuanya itu, pengunjung bisa bermalam di desa wisata Sambi. Ada program homestay yang memang disediakan untuk wisatawan. Ada rumah Joglo yang dibangun pada tahun 1952 dan sampai sekarang belum pernah mengalami pemugaran atau renovasi. Wisatawan dapat menginap di homestay rumah-rumah penduduk sekitar sehingga dapat berinteraksi langsung dengan masyarakat.

Desa wisata Sambi ini juga sering digunakan untuk kegiatan outbond. Outbond di desa wisata Sambi dikhususkan di Ledok Sambi yang dekat dengan lokasi Kali Kuning. Fasilitas yang terdapat di Ledok Sambi ini antara lain arena outbond dengan fasilitas flying fox, meniti tali dan lain-lain.

Anda bisa klik ledoksambi.net atau web desa wisata sleman untuk mengetahui informasi lebih lengkap. Ada paket-paket wisata yang dapat disesuaikan dengan rencana Anda.

Sumber:
Desa Wisata Sambi

Incoming search terms:

desa wisata sambi.  harga paket outbound ledok sambi.  Desa Wisata Sambi Kecamatan Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta.  desa wisata ledok sambi.  Desa Wisata Sambi Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta.  

LEAVE A REPLY