Cara mengusir Tawon

August 20, 2011 -

Pernah ingin mencoba mengusir tawon? atau pernah mencoba membasmi tawon ? secara sederhana cara mengusir tawon adalah dengan menggunakan asap atau diasapi atau hasil pembakaran.

Secara prakteknya saya sudah mencobanya sendiri, pertama tama sediakan peralatan-peralatan dibawah ini :

1. Korek Api, disini bukan ngiklan yah tapi ini kebetulan pak korek namanya Tajima :D.

2. Kertas bekas, bisa pake koran atau kardus bekas + Tongkat. Kertas disini dibakar tapi kemudian apinya dipadamkan sehingga yang ada hanya asapnya yang kemebul. Asap itu lah yang akan kita gunakan untuk mengusir tawon.Tongkat digunakan sebagai tempat mengikat kertas, agar kita bisa lebih jauh jangkauannya.

 

 

 

 

 

 

 

3. Helm, jaket dan handuk. Peralatan ini digunakan untuk melindungi bagian tubuh anda ketika sedang proses pengusiran tawon. Jangan sungkan gunakan alat-alat yang dapat melindungi bagian tubuh anda. Hal ini disebabkan tawon merupakan binatang yang memiliki sengatan sangat kuat dan hewan ini dapat menyerang balik kepada anda, Jadi daripada anda terkena sengatan yang menyakitkan sebaiknya gunakan alat-alat yang dapat melindungi bagian tubuh anda.

Setelah semua perlengkapan siap lalu berbuat pengusiran deh, caranya dengan mengasapi sarangnya atau lebahnya, asapi sampai para lebah meninggalkan sarangnya dan jangan lupa musnahkanlah sarangnya. Dalam melakukannya sebaiknya hati hati dan perhatikan sekitar anda, waspada jika tiba tiba ada tawon yang menyerang. Akan lebih baik memiliki partner untuk melindungi anda jika ada serangan tawon. Hmmm ini lah hasil perburuan saya :

Bercerita mengenai Tawon, mungkin ada yang pernah bertanya apakah beda Tawon dan Lebah ? dan jawabannya adalah beda. berikut ada data perbedaan tawon dan lebah :

1. Bagian toraks lebah banyak terdapat rambut, sedangkan umumnya tawon tidak banyak.
2. Ukuran tubuh lebah madu cenderung lebih kecil dibandingkan dengan  tawon.
3. Apabila lebah madu menyengat maka sengat akan tertinggal pada tempat yang diesengat dan lebahnya akan segera mati.  Sedangkan tawon, apabila menyengat, sengat tidak tidak tertinggal di tempat yang disengat dan masih dapat meneruskan hidupnya.
4. Lebah merupakan serangga sosial yang mempunyai seekor ratu yang jelas, sedangkan tawon tidak mempunyai ratu yang jelas dan biasanya hidup secara sendiri.
5. Kebanyakan jenis lebah memberi makan  larvanya dengan  nektar dan polen daripada memberi makan dengan pakan binatang/serangga lain. Sedangkan sebagian besar jenis tawon inangnya adalah serangga lain, baik sebagai predator maupun parasitoid

Lebah juga merupakan hewan yang namanya diabadikan di dalam Ayat Suci Al-Quran :

…… “Dan Tuhan-mu mewahyukan kepada lebah… (QS. An Nahl: 68)”……………

ثُمَّ كُلى مِن كُلِّ الثَّمَرٰتِ فَاسلُكى سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلًا ۚ يَخرُجُ مِن بُطونِها شَرابٌ مُختَلِفٌ أَلوٰنُهُ فيهِ شِفاءٌ لِلنّاسِ ۗ إِنَّ فى ذٰلِكَ لَءايَةً لِقَومٍ يَتَفَكَّرونَ


…”Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempulah jalan Tuhan-mu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnannya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang-orang yang memikirkan
(QS. An Nahl: 69)”…

Oke sekian dulu, semoga bermanfaat.
Cari cara lain usir tawon dari google
salam,….

advertisements

12 Comments

  1. I really like your website.. extremely wonderful hues & theme. Did you create this internet site yourself? Plz reply again as I’m looking to create my own web site and would like to know wheere u received this from. many thanks

  2. lailatul karomah

    saya mau tanya klu lebahnya leboih besar apakah sama cara mengusir sama dengan yg di atas?

    • Ardhit (Author)

      Sama saja mbak, kalo lebahnya lebih besar berarti keberaniaannya mengusir ditambah juga, hehe.. Karna pada dasarnya lebah itu akan bereaksi terhadap asap yang ada disekelilingnya. Semoga membantu ya mbak :)

  3. Mo tanya donk..ada jasa pembasmi tawon ga ya?rumah saya ada sarang tawon yg udh lumayan besar. Soalnya dan br aja nyerang salah satu anggota keluarga.tolong info nya donk.thank you sebelumnya

    • Maaf, saya tdk mengetahui info mengenai jasa pembasmian tawon. Kalo boleh saran,cb di googling jasa pembasmian tawon sesuai dengan kota anda atau coba minta bantuan org2 disekitar anda yg berani melakukan pengusiran dgn cara diatas, kalau bisa saat pengusiran angota keluarga diungsikan dahulu agar aman.

      Semoga membantu.
      Salam,

  4. Octaviana Brilliani

    Mas Ardit,
    Sepintas Artikel Anda seperti biasa-biasa saja, tapi manfaatnya sungguh LUARR BIASA.
    Saya baru saja disengat tawon, rasanya? Suakiiiiittt, pegeeeel, periiiihhh….
    dan ternyata di teras rumah sudah ada 2 sarang tawon.
    Ok deh mas, Tips-nya mau saya praktekin ya…. Tengkyu infonya
    Eh mas, jangan lupa mampir di Web Log saya juga yah? Ditunggu….

  5. ryan hanif hadyanto

    Comment

  6. Mas kalau lebah yg didalam tanah cara ngusirnya gimana? Benar tdk itu lebah yg sangat berbahaya? Trm ksh

  7. Cara lain sih …kaleng black bekas minyak goreng dibelah dua. Terus masukkin sobekan koran. Tutupi diatasnya kapuk bekas bantal amoh…letakkan diatas.kapuk baygon bakar banyak banyak…bakar korannya
    .keluar asep banyak..twrua letakkan dibawah sarang seharian…ntar pada.mabok tuh tawon…btw hatihati dengan apinya….selamat mencoba

  8. artikel unik, tp sy mendapat info utk mengusr tawon di kamar belakang toko, trims.

Trackbacks for this post

  1. Membuat Perangkap Tawon Sederhana | River

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

advertisements