Akun Lama Blogger.com Akan Ditutup

31

Benarkah akun lama blogger.com akan ditutup ? Benarkah pengguna blogger harus memiliki akun gmail ?

Menurut pernyataan resmi dari blogger bahwa mulai Juni 2011 pengguna akun lama blogger akan ditutup. Kalo boleh saya berkomentar ini bukan untuk ditutup melainkan sebuah rencana mengintegrasikan seluruh pengguna blogger agar menggunakan layanan google akun,  dengan demikian mungkin ini akan menjadikan raksasa didunia maya semakin melejit dan semakin tangguh. Bagaimana tidak ? coba kita hitung berapa banyak akun di blogger ? tidak mungkin hanya ratusan, pasti sangat banyak dan mungkin ratusan juta pengguna. Tidak semua pengguna tersebut  menggunakan layanan google atau mungkin lebih spesifik layanan Gmail. Betul tidak ? mungkin anda salah satu pemilik akun di blogger dengan layanan email selain gmail. Nah mungkin dari sinilah blogger dan google mengambil keputusan untuk mengharuskan para pengguna menggunakan akun di google, paling tidak menggunakan layanan gmail, dengan begitu google akan lebih perkasa dari para pesaingnya. Ini bukan rencana buruk atau rencana jahat untuk para pesaing, melainkan ini langkah yang cerdas untuk terus melejitkan perusahaan. Google sebagai raksasa internet sekarang tidak akan mengalami kesulitan untuk terus bertahan menjadi nomer 1 di dunia maya, walaupun para pesaing banyak memiliki kecepatan dalam berkembang. Sebut saja facebook yang sekarang ini menambah fitur inbox menjadi layanan email, dengan begitu bisa jadi nanti layanan email akan bersaing ketat antara gmail, yahoo atau facebook. Yah itu hanya sebagian dari banyak persaingan perusahaan kelas kakap di dunia maya.

Untuk anda pengguna akun blogger dengan layanan email selain gmail tak perlu khawatir, walaupun sekarang sudah melewati dari tanggal batas akhir untuk upgrade akun pada pernyataan blogger yang mengatakan sebelum tanggal 25 juni 2011. Anda masih bisa menggunakan layanan blogger, dengan mengikuti instruksi upgrade dari layanan google, dengan begitu anda otomatis akan memiliki akun google. Contoh berikut adalah kasus pada pengguna dengan layanan yahoo mail yang akan login di akun bloggernya :

Silakan mulai seperti biasa login di  www.blogger.com,


Tak perlu kuatir jika anda melihat form login bertuliskan sign in with your google account, atau anda harus login dengan google akun. Silakan coba saja masukan akun dan password anda seperti biasa, jika anda terdeteksi bukan pemilik akun google maka blogger akan secara otomatis memberikan suggestion untuk mengaktifkan akun google anda, seperti gambar berikut :

Oke selanjutnya silakan anda mengikuti langkah untuk mengaktifkan akun google melalui email yahoo, silakan click here pada pernyataan To have the verification email resent to [email protected], click here. Selanjutnya silakan buka email anda dan melakukan aktivasi disana, setelah akun anda aktif maka anda akan melihat halaman seperti ini :
Setelah anda melihat halaman diatas otomatis anda sudah memiliki akun google, walaupun anda belum memiliki/ menggunakan layanan gmail nya. Dengan begitu anda akan bisa menggunakan akun tersebut/akun yang awal tadi untuk login di blogger.com. Silakan kembali kehalaman blogger.com dan login seperti biasa niscaya anda akan berhasil login.  😀
Yah mungkin sekian dulu, semoga berguna bagi anda yang masih lupa untuk upgrade ke akun google.
Salam,
Informasi ini saya dapat setelah saya melakukan secara real pada akun blogger yang belum memiliki akun google, seandainya nanti nya tidak bisa cara diatas mungkin sebaiknya anda melakukan private contact ke blogger.

LEAVE A REPLY