#RipNeilArmstrong

12

Neil Armstrong, Siapa yang tak kenal beliau? dari jaman sekolah dasar mungkin kita sudah pernah dikenalkan mengenai beliau, bahkan di namanya sering menghiasi buku buku pelajaran disekolah. Selalu teringat ketika ada pertanyaan siapakah yang mendarat pertama kali di bulan? , maka dengan tegaslah kita menjawab Neil Armstrong, Ini merupakan sejarah bagi manusia, sejarah bagi seluruh penjuru dunia bahwa Neil Armstrong  lah orang pertama yang berhasil menuju bulan & menancapkan bendera  negara powerfull Amerika disana.

Menurut catatan sejarah Neil Armstrong pendaratan Neil dilakukan pada tanggal 20 july 1969, dengan pesawat Apolo 11.

Armstrong’s second and last spaceflight was as mission commander of the Apollo 11 moon landing on July 20, 1969. On this mission, Armstrong and Buzz Aldrin descended to the lunar surface and spent 2½ hours exploring while Michael Collins remained in orbit in the Command Module. – wikipedia

Sejarah terus berlanjut tanpa tanda tanya berarti sampai pada tahun 2001 sebuah station TV Fox mengangkat teori konspirasi mengenai Did we land on the Moon? 

Kalau saja TV Fox tidak menayangkan “Conspirancy theory” (2001) yang membahas tentang Pendaratan Manusia di Bulan(”Did We Land on the Moon?”) yang pernah dilakukan oleh Amerika, mungkin berita pendaratan manusia di bulan, yang menjadi awal kemajuan peradaban teknologi, akan tetap dianggap sebagai momentum luarbiasa yang pernah dilakukan oleh Amerika Serikat dalam penguasaan angkasa luar, dan tetap dikenang sebagai keberhasilan pertama sebuah negara dari negara-negara yang ada di dunia- Kompasiana.com

Mulai saat itulah banyak penelitian penelitian mengenai kontroversinya pendaratan pertama yang dilakukan Apolo 11 . TV Fox kembali memutarkan video mengenai pendaratan Neil, tapi disana memiliki banyak keganjilan;

Sejumlah pihak menyangsikan pendaratan itu. Mereka mengatakan bahwa: Cuplikan video tersebut penuh dengan keganjilan. Ada yang menganggap video itu tidak dibuat di Bulan, tetapi di sebuah tempat khusus di sekitar Negara Bagian Arizona, AS. Astronom Phil Plait termasuk yang sangsi. Dia memberikan penjelasan pada sebuah program radio ”Are We Alone” yang dikelola SETI Institute. Ini adalah lembaga nirlaba di California, AS, yang fokus pada penjelasan keberadaan makhluk pintar lain di jagat raya.  – Kompasiana.com

ada pihak yang skeptis dengan mempertanyakan foto-foto Armstrong dan Aldrin yang memperlihatkan langit tanpa bintang. ”Tidak ada atmosfer di Bulan sehingga bintang-bintang seharusnya terlihat lebih terang.” Pihak yang skeptis juga mempersoalkan bendera AS dalam cuplikan video yang tampak berkibar, padahal di Bulan tidak ada udara. Mereka juga mengajukan teori bahwa para astronot mungkin sudah terpanggang radiasi ketika menembus sabuk Van Allen dalam perjalanan ke Bulan. – Kompasiana.com

Menurut orang Rusia, ini bisa jadi hanya sebagai sanggahan mengingat waktu itu Amerika dan Uni Soviet (Rusia) sedang berlomba lomba dengan teknologi antariksa :

Material yang ada sekarang ‘belum’ menjamin bisa melindungi tubuh dari hal itu didukung kesaksian mantan awak SKYLAB Russia yang memberi alasan kenapa Russia tidak pernah mengirim awak ke angkasa luar di luar atmosfer).

Kontroversi pada foto :

Foto-foto NASA yang menunjukkan beberapa aktivitas para astronout mereka di bulan, setelah diuji oleh pakar fotografi ternyata palsu (banyak bukti-bukti yang dibuat-buat). Bayangan foto astronaut/Apollo XI terlihat di banyak titik (spot) yang berarti memakai pencahayaan” dari banyak sumber/angle, sementara sumber cahaya di Bulan seharusnya hanya dari arah Matahari (SUN).

Bendera AS yang berkibar. Beberapa ilmuwan mengemukakan tidak mungkin bendera itu berkibar karena di Bulan tidak ada udara.

Masih banyak lagi mengenai pertanyaan” mengenai kontroversi ini. Yang jelas salah satu sumber terpercaya dan yang bisa membuktikan mengenai kontroversi ini telah wafat. Neil Armstrong wafat diusia 82 tahun karena komplikasi penyakit jantung. Wafatnya sang legenda ini semoga tidak menimbulkan kontroversi baru.

Metrotvnews.com: Mantan astronot Amerika Serikat sekaligus manusia pertama yang menginjak bulan, Neil Armstrong, meninggal di usia 82 tahun karena komplikasi penyakit jantung. Berita kematian ini disampaikan pihak keluarga, Sabtu (25/8).
Sebelumnya Armstrong menjalani operasi jantung awal Agustus, dua hari setelah ulang tahunnya pada 5 Agustus. Operasi dilakukan untuk meringankan arteri koroner yang tersumbat.
Armstrong menjadi manusia pertama yang menginjakkan kaki di bulan pada 20 Juli 1969. Ia saat itu menjabat komandan misi Apollo 11.

Walopun NASA sendiri sudah memberikan jawaban klarifikasi mengenai kontroversi ini, saya yakin kontroversi ini masik akan terus menjadi bahan yang menarik untuk dibahas.Ini semacam Misteri yang tidak ada jawaban pastinya.

Goodbye Neil Armstrong. Rest In Peace. You can go to the Moon whenever you want – ardhit

Salam,…

 

Referensi :

http://luar-negeri.kompasiana.com/2010/09/12/nasa-menjawab-seputar-kontroversi-pendaratan-di-bulan/

http://en.wikipedia.org/wiki/Neil_Armstrong

http://www.merdeka.com/teknologi/jejak-kaki-buzz-aldrin-yang-fenomenal-sekaligus-kontroversial.html

http://riakanhidupku.wordpress.com/2010/03/22/kontroversi-pendaratan-pertama-manusia-di-bulan/

http://www.metrotvnews.com/read/newsvideo/2012/08/26/158153/Neil-Armstrong-Meninggal-Dunia/7

LEAVE A REPLY