Jogja Macet

40

Jogja sekarang macet yah? Iya. Kok bisa Jogja macet? Ya karna banyak kendaraan motor atau mobel. Kenapa bisa banyak? Ya karna banyak yang pada ke Jogja. Kenapa pada ke Jogja? Karna pengen aja daripada ke Jakarta, mending ke Jogja. Jogja mulai terasa padat,apalagi saat liburan kerna banyak yang berlibur ke kota ini. Kalau masuk kota saat liburan/wiken saya jamin njenengan pasti ketemu macet. Selain saat seperti itu, jalanan Jogja juga penuh saat saat tertentu, seperti pagi hari saat para pekerja, pelajar berangkat range jam setengah 7 sampai jam 8 . Atau saat makan siang pukul 12-1 siang. Dan saat sore hari seperti jam pulang kerja jam 4-setengah 6.

Kerna saya ni juga buruh kerja di kota ini, maka saya sudah biasa ketemu macet pada jam jam penuh pagi atau sore. Nah sa mau cerita nih macet sore dan tips cara menjalani macet. Ciyeehh.. tp jangan serius serius lo ya, kerna yang nulis juga gak serius.

Setiap sore Jogja akan terasa macet di jalan kaliurang. Bukan sepanjang kaliurang lo ya, ini jalan kaliurang mulai dari perempatan yang ada studio Artha (bukan iklan) sampai ke perempatan kentungan (arah ke utara). Ya jalan kaliurang yg kira kira cuma 2 kilo itu tiap sore skitar pukul 4-5 pasti penuh sesak. Berhubung gubuk saya di jakal km 13 dan tempat mburuh sa di jl.kesehatan No1 maka saya pasti lewat jalan ini tiap sore. Beberapa trik yg saya lakukan jika sudah masuk jalan ini dan berjubel menuju utara, nah simak ya…ciyeehh.

Pertama, berfikir positip terhadap macet dan para pengendara lain agar kejadian macet ini dapat kamu jalani secara menyenangkan, bukan menambah emosi. Kerna sekarang ni macet bisa dikatakan sebagai terapi untuk kesehatan hati, melatih sabar gituh lo hahaha…

Kedua, kalau kamu pakai motor kamu ambil jalur kiri yang benar benar kiri. Maksudnya kamu jalannya dibagian kiri banget klo bisa deket2 sama trotoar tapi gak usah naik trotoar. kenapa dijalur ini? Kerna biasanya pengendara lain akan banyak agak ketengah. Sepengalaman saya jalur pinggir ini lebih lancar ketimbang agak ketengah. Karna mobil mobil skrg gak hanya dijalur tengah, mereka juga sudah ke jalur kiri juga. Kalau kamu masuk jalur tengah biasanya kudu njepit njepit di sela sela mobil.

Ketiga, lebih gesit tak harus ngebut. Iya kamu hanya perlu lebih gesit di kemacetan, sambil berfikiran positif pastinya. Gesitnya gimana? Jangan lepaskan celah sekecil apapun. Kalau ada celah kosong didepanmu antara pengendara lain ya masuk aja, tp hati hati dan ndak perlu ngebut untuk menyalip, yg pasti safety first lah. Kalau saya cuma pakai motor supra, body kecil kan ya itu motornya jadi saya bisa masuk masuk celah kecil antara pengendara lain.

Kempat, konsisten dijalurmu. Biasanya yang buru buru biasanya dia ambil jalur kiri, kalau ada kosong ke kanan terus ketengah, kekiri dan kanan lagi. Nah kalau saya untuk pindah jalur gitu biasa hanya kalau memang terpaksa jika didepan ada halangan, tp setelah itu balik kejalur kiri lagi. Kerna biasanya yg berpindah pindah jalur gitu malah akan ketemu hambatan hambatan yg lebih banyak. Biasanya loo ya… :))

Kelima, nikmati macetnya. gak usah terlalu buru buru nanti kamu malah kemrungsung. Kamu cuma perlu menikmati macetnya hahaha piye kui menikmati macet?haha yg jelas jangan sampai emosi klo macet beroo…

Keenam, Jangan lewat pada jam penuh bukan berarti jangan lewat jalan itu. trik paling ampuh niscaya gak ketemu macet. Jangan lewat jalan itu? Belum tentu lo, bisa jadi banyak yg mikir lewat jalan lain, lalu jalan lain itu malah lebih macet. Nah kapok kowe…hahaha. yang kamu butuhkan hanya ikuti langkah pertama aja bero…:D

Udah ah bro, itu trik yg gak penting dari saya bero mengenai macet. Walaupun Jogja macet tapi tetap Nyaman bero….

Ada yang mau nambah cerita macet?

Salam Gesit brooo..

2 COMMENTS

  1. Orang2 pada pindah ke Jogja, karena banyak yg bilang Jogja istimewa.
    Hasilnya:
    Macet dimana2, apalagi pas masa liburan.
    Harga rumah juga melambung, ketiga termahal se Indonesia,
    Harga naik, apakah UMP naik? Nggak, hasilnya, yg beli ya orang2 luar, orang Jogja asli cuma dapat pinggiran

    Makanya dari dulu aku ga pernah bilang yg bagus2 tentang Jogja
    Macet, gersang, minim taman hijau, jalan rusak, kotor dll
    Oposisi itu perlu masbro

LEAVE A REPLY