Kenapa Harus Olahraga?

Gambar orang lari via pixabay.com

Iya, kenapa sih kita harus berolah raga? Harus ya? Jawabannya tentu saja, HARUS! Pernah dengar kan ungkapan “mensana in corpore sano” yang kurang lebih berarti; di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Healty mind, healthy body. Jadi kalau kamu ingin punya jiwa yang kuat dan tubuh yang kuat, maka berolahragalah!

Olahraga itu apa sih? Menurut gulangguling gugling olahraga adalah suatu bentuk aktivitas fisik yang terencana dan terstruktur yang melibatkan gerakan tubuh berulang-ulang dan ditujukan untuk meningkatkan kebugaran jasmani. Jadi jelas bahwa dengan melakukan olahraga, diharapkan secara fisik kita akan lebih fit, dan juga olahraga dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita.

Jenis olahraga sendiri banyak macamnya. Dari olahraga ringan sampai olahraga ekstrim. Tidak perlu repot mengikuti apa yang orang lain suka. Pilih olahraga yang kamu sukai, sesuaikan jenis dan porsinya. Olahraga sendiri tidak perlu repot, bisa dilakukan di rumah, atau bagi kamu yang suka, di pusat kebugaran misalnya. Silakan saja kalau ingin jogging di sekitar lingkungan tempat tinggal, atau bergabunglah di klub-klub olahraga yang hits. Fungsi olahraga di jaman kekinian juga sudah bertambah luas. Tidak hanya menjaga kesehatan, namun olahraga juga adalah salah satu gaya hidup dan sarana bersosialisasi dengan lingkungan.

Olahraga juga bisa membantu kita tetap waras. Nyatanya, dengan banyaknya aktivitas atau stres kerja, kesehatan mental kita juga ikut terganggu. Selain dengan beristirahat cukup, olahraga juga merupakan salah satu cara melepas stres tersebut. Pada saat olahrga, tubuh kita melepaskan hormon endorfin, nah hormon ini membantu tubuh untuk merasa rileks. Rasa rileks ini menenangkan dan menyenangkan tubuh, menjaga kita agar tetap waras dan happy.

Jadi kembali ke mensana in corpore sano di awal tadi, ternyata kalau kamu ingin sehat secara jasmani dan rohani, maka berolahragalah! Olahraga yang dilakukan dengan benar akan membuat fisik dan psikis kita sehat. Niat saja tidak cukup, ayo buat tubuh kita bergerak lebih banyak!

http://dunia-kesehatan.com/index.php?option=com_content&view=article&id=79%3Aapa-itu-olahraga&catid=52%3Akebugaran&Itemid=29

6 COMMENTS

  1. Olah raga memang sangat penting,
    maka dari itu kita harus mengatur waktu kita untuk bisa berolah raga.

    kami juga ingin berbagi tips untuk menjaga kesehatan kita, info lebih lanjut buka di sini.

LEAVE A REPLY