Mengenal Prinsip Dasar Pilates

93
Image via pixabay.com

GULANGGULING.COM | Olahraga – Seperti yang kita ketahui, olahraga merupakan bagian penting dari kehidupan manusia. Mengapa kita harus berolahraga? Jawaban simpelnya: supaya sehat. Sehat jasmani dan rohani, mensana in corpore sano. Dan ini bukan hanya kata-kata belaka, tapi jika dijalani dengan disiplin, tubuh juga akan merasa bugar.

Nah, olahraga yang kali ini akan kita bahas adalah mengenai pilates. Apa sih pilates itu? Pilates adalah olahraga yang dikembangkan oleh Joseph Hubert Pilates yang berasal dari Jerman pada awal abad ke-20. Olahraga ini difokuskan untuk melatih kelenturan serta fleksibilitas seluruh bagian tubuh. Pilates dapat memperbaiki postur tubuh yang kurang sempurna dan juga dapat memperbaiki masalah-masalah yang berhubungan dengan tulang belakang.

Secara singkat, ada 6 prinsip yang harus diikuti saat melakukan pilates ini, yaitu:

Consentration
Dalam melakukan gerakan pilates, konsentrasi adalah yang utama. Kita diharuskan untuk berkonsentrasi pada setiap gerakan yang diakukan. Konsentrasi inilah yang menyelaraskan tubuh untuk bisa bergerak secara sempurna.

Control
Pilates adalah gerakan berkesinambungan, begitu pula dengan prinsip-prinsipnya. Dengan menguasai konsentrasi makan kita bisa mengontrol setiap gerakan kita dengan baik. Setiap gerakan dilakukan dengan kontrol.

Centering
Pada setiap permulaan gerakan, kita harus memiliki pusat, atau tempat awal kita bergerak. Centering atau pusat adalah titik fokus dari pilates. Biasanya yang dijadikan sebagai center atau pusat adalah area perut, pinggul, pantat, dan paha bagian dalam. Dari sinilah gerakan pilates dimulai dan mengalir ke luar area tersebut.

Flow/efficiency of movement
Perhatikan pula arus pergerakan dalam melakukan pilates, olahraga ini menekankan adanya pengaliran kekuatan dari pusat ke area luar dalam rangkan membangun kekuatan dan stamina.

Precission
Bergeraklah secara tepat, secara presisi, bukan pada banyaknya gerakan yang kita lakukan. Fokusnya adalah melakukan satu gerakan yang tepat dan sempurna.

Breathing
Pernapasan adalah hal yang juga harus diperhatikan dalan gerakan pilates. Perhatikan cara menarik dan membuang napas dengan benar. Biasanya saat yang harus diperhatikan saat membuang napas melalui perut bawah kemudian tengah barulah terakhir melalui perut atas dengan posisi perut dikunci ke dalam.

Pilates adalah olahraga yang menekankan kualitas daripada kuantitas. Keenam prinsip pilates tersebut adalah faktor utama dalam menentukan kualitas latihan pilates. Tidak seperti olahraga lain, pilates tidak memberikan banyak pengulangan untuk setiap gerakan. Saat melakukan latihan secara penuh, dengan presisi yang baik, akan memberikan hasil yang signifikan dalam waktu singkat dibandingkan repetisi seperti banyak ditemukan pada olahraga lain.

This is not easy, but in pilates the way that exercises are done is more important than the exercises themselves.

Sebaiknya, pilates dilakukan dengan melibatkan instruktur yang sudah berpengalaman. Selain menghindari resiko cedera, instruktur juga bisa mengoreksi gerakan yang kita lakukan. Salam sehat!

Sumber: wikipedia & tips kesehatan

LEAVE A REPLY