Mengenal Pola Makan Berdasarkan Ritme Sirkadian

813
Rythm via pixabay.com

GULANGGULING.COM | Kesehatan – Manusia melakukan apa saja untuk mempertahakan kondisi tubuh tetap fit dan prima. Salah satunya juga dengan melakukan olahraga dan juga memperhatikan asupan makanan bergizi. Namun untuk sehat secara benar, ada lho ritme yang harus diikuti tubuh supaya selaras dan seimbang. Ritme itu adalah ritme sirkadian.

Apa itu ritme sirkadian? Dikutip dari kamus kesehatan, ritme sirkadian adalah siklus 24 jam dalam proses fisiologis makhluk hidup, termasuk tumbuhan, hewan, jamur dan sianobakteria. Ritme sirkadian penting untuk menentukan pola tidur dan pola makan semua hewan, termasuk manusia. Ada pola yang jelas dari aktivitas gelombang otak, produksi hormon, regenerasi sel dan kegiatan biologis lainnya yang terkait dengan siklus harian.

Ritme sirkadian mengatur bangun-tidur kita secara alami pada jam yang kita inginkan atau pada jam yang sama setiap hari. Ritme ini juga mempengaruhi aktivitas tubuh seperti suhu tubuh, sensitivitas nyeri, kewaspadaan mental, kekuatan fisik, dan indra. Semua spesies memiliki mekanisme waktu, atau jam alami yang mengontrol periode aktivitas mereka. Jam ini dikenal sebagai ritme sirkadian dan merujuk siklus proses fisiologis dan biologis yang berfluktuasi pada jadwal kira-kira 24 jam.

Salah satu pola makan yang menganut ritme sirkadian ini adalah pola makan food combining. Pola makan ini meyakini adanya saat-saat tertentu yang dianggap tepat untuk konsumsi makanan dan ada pula waktunya mengistirahatkan pencernaan. Dikutip dari kultwit mengenai ritme sirkadian, diyakini bahwa tubuh mempunyai siklus biologis dalam melakukan metabolisme yang biasa disebut sebagai ritme sirkadian, ritme ini dibagi berdasar waktu 24 jam.

  • Mulai pukul 12.00-20.00, tubuh membuka kesempatan untuk kita bisa menyerap bahan makanan sesuai dengan kebutuhannya. Fase inilah saat yang tepat untuk makan makanan utama; makan siang, selingan sore, dan makan malam.
  • Pukul 20.00-04.00 tubuh memproses apa yang tadi sudah dikonsumsi, serta mempergunakannya sesuai dengan keperluan tubuh. Diperlukan energi yang besar di fase ini, itulah sebabnya Tuhan mendesain waktu ini sebagai siklus istirahat kita.
  • Pukul 04.00-12.00 adalah waktu dimana ‘sisa proses’, dibuang dari tubuh. Dalam bentuk kotoran, urine, keringat atau nafas. Di fase ini tubuh juga memerlukan energi yang sangat besar. Yang membuatnya agak sulit, tenaga tersebut harus terbagi dengan aktivitas pagi. Padahal energi untuk ‘mengeluarkan’ tersebut haruss dikonsentrasikan agar kerja tubuh tidak terganggu serta kondisi jangka pendek/panjang. Agar proses ‘pengeluaran’ ini bebas dari gangguan, sebaiknya dipilih makanan yang tidak memberatkan pencernaan.
Infografis mengenai ritme sirkadian.
Infografis mengenai ritme sirkadian.

Mengikuti ritme sirkadian ini akan membentuk pola hidup yang sehat. Termasuk di dalamnya pola makan dan juga pola tidur.

Sumber:
http://kamuskesehatan.com/arti/ritme-sirkadian/
https://www.facebook.com/notes/food-combining-indonesia/food-combining-batch-2-siklus-sirkadian-by-erikar-lebang/467531330013066
https://arnaldowenas.wordpress.com/2014/10/15/polamakan-berdasar-ritme-sirkadian-2/
http://www.gelombangotak.com/ritme-sirkadian-jam-tubuh-alami.htm

LEAVE A REPLY