Komponen Yang Perlu diperhatikan Sebelum Membeli Drone

1494
Gambar Drone via pixabay.com

GULANGGULING.com | Drone – Perkembangan teknologi drone sekarang ini semakin meluas. Banyaknya varian pilihan tipe dan jenis, jelas membuat sebaran para pembeli drone semakin meningkat. Drone dengan harga murahpun sudah banyak beredar dipasaran. Jika kamu salah satu yang mencari drone murah, maka saya sarankan untuk membaca daftar drone murah yang pernah kami tulis disini.

Kali ini kami akan mencoba berbagi pendapat tentang beberapa hal yang perlu diketahui sebelum memutuskan untuk membeli drone. Beberapa hal ini sebenarnya adalah komponen dasar yang akan mempengaruhi drone tersebut secara umum.

Kamera

Walaupun sebenarnya yang kita beli itu adalah drone, tapi biasanya kamera menjadi salah satu fokus sebelum memutuskan membeli drone. Ada yang bilang, buat apa punya drone jika tidak bisa membuat video atau mengambil gambar? Bukankah tujuan sebagian besar pembeli drone adalah untuk mengambil foto atau membuat video dari atas udara? Nah dengan dasar tersebut maka kualitas kamera menjadi sangat penting dan jelas sangat mempengaruhi hasil gambar dan video yang akan didapatkan. So, pilih-pilih drone sesuai dengan keinginan kualitas kamera. Namun jika anda memiliki kamera action seperti Gopro atau xiaoyii dan sejenisnya, maka anda bebas memilih jenis drone dengan syarat drone tersebut mampu mengangkat action camera.

GPS:

Komponen satu ini sebenarnya penting dan tidak penting. Untuk anda yang (maaf) baru mampu membeli drone dengan harga dibawah 2 juta, maka biasanya drone tersebut belum dilengkapi dengan module GPS. Secara kemampuan, GPS pada drone ini dapat membantu fungsi kembali ke posisi awal atau biasa disebut dengan return to home. Drone yang dilengkapi dengan GPS dapat melakukan lock posisi awal sehingga fungsi return home sangat mudah dilakukan. Selain itu, GPS juga dapat difungsikan untuk lock posisi saat di udara, beberapa drone sekelas DJI Phantom sudah dapat melakukan hal tersebut. Untuk daya jelajahnya, GPS juga konon dapat berpengaruh terhadap jarak tempuh drone tersebut. Sayangnya, drone dengan kelengkapan komponen GPS ini cenderung lebih mahal dan tidak akan ditemui dari daftar drone dengan harga dibawah satu juta ini.

Baterai:

Nah jangan kaget ya, drone yang kamu beli hanya bisa terbang sekitar 8 sampai 15 menit. Sekalipun DJI, dia hanya mampu terbang sekitar 15-20 menit. Padahal untuk mengisi ulang baterai diperlukan waktu sekitar 1 jam sampai 3 jam. Haha perbandingan yang jauh kan? Oleh karena itu, banyak yang membeli suku cadang baterai. Untuk mereka yang memang hobby bermain drone atau melakukan liputan, biasanya memiliki lebih dari satu baterai. Baterai cadangan jelas akan membuat waktu terbang semakin lama, walaupun terpotong jeda harus ganti baterai.

Ukuran

Banyak varian ukuran drone yang beredar. Untuk ukuran drone yang standar liputan biasanya berukuran lebih besar. Sementara untuk main-main, banyak pilihan ukuran drone mulai dari ukuran standar sampai drone yang kecil seukuran telapak tangan.

Harga:

Sebuah pribahasa bilang “Ada harga, ada rupa”. Semakin tinggi harga drone, maka pasti akan semakin bagus dan pastinya semakin banyak kelengkapan komponennya. Banyak produk drone yang harganya dibawah dua juta, bahkan dibawah satu juta. Jika kita membeli drone berukuran kecil itu juga akan semakin murah.

Itulah beberapa komponen yang perlu anda pertimbangkan sebelum membeli drone. Beberapa hal tersebut pastinya akan bermanfaat jika pembelian drone anda sesuaikan dengan budget dan keperluan. Anda tidak harus membeli drone yang branded, anda juga bisa merakitnya sendiri jika ingin. Nah selamat mencari drone ya bro!

Sebaiknya kamu baca beberapa artikel tentang drone dibawah ini :

1 COMMENT

LEAVE A REPLY