Cara Rename Project di Android Studio (Refactor)

GULANGGULING.com – Halo semua, kembali lagi pada postingan yang berbau koding. Kali ini saya mau berbagi pengalaman tentang bagaimana melakukan rename atau refactor pada project Android Studio.

Proses refactoring atau rename ini biasanya kita lakukan jika ingin mengubah struktur folder atau penamaan dari packages project android. Cara ini cukup sederhana, hanya saja kadang kita tidak mengetahui letak opsi untuk membuat struktur packages menjadi terpisah-pisah.

Refactoring adalah proses memperbaiki struktur internal sebuah sistem perangkat lunak tanpa mengubah sedikitpun fungsionalitas dari sistem. Artinya, dalam proses refactoring dilakukan modifikasi program untuk memperbaiki struktur, mengurangi kompleksitas, atau untuk membuatnya lebih mudah dimengerti. – http://rpl.if.its.ac.id/refactoring/

Cara ini saya temukan disitus stackoverflow ketika saya hendak melakukan rename dari sebuah project yang sudah ada.

6067

Langkah-langkah melakukan rename atau refactoring project di android studio adalah sebagai berikut :

  1. Pilih opsi gambar gear pada project explorer.
  2. Setelah anda melakukan langkah pertama, maka seharusnya anda akan melihat struktur folder project anda akan terpisah untuk setiap foldernya.
  3. Jika anda sudah melihat struktur folder seperti pada langkah kedua, maka langkah selanjutnya adalah lakukan refactor->rename pada setiap folder yang anda inginkan.
  4. Tidak ada langkah selajutnya. Artinya sampai disini anda sudah berhasil melakukan rename packcages dari Android Studio. Hanya saja yang perlu jadi catatan adalah jangan lupa menyesuakan nama applications id pada file gradle anda.

Cukup mudah bukan?  jika masih kurang mengerti langkah diatas, kamu bisa menonton video singkat mengenai cara refactor aplikasi android dibawah.

 

Baca juga artikel Android lainnya : 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY