Cara Membuat Mainan Dari Kalender

1115
Kincir Angin Kertas via gulangguling.com

GULANGGULING.COM |┬áHiburan – Aloha! Weekend telah tiba yes. Waktunya quality time bersama keluarga, bersama anak-anak juga. Momen pergantian tahun sudah berganti apa saja? Yang pasti dan pasti adalah: pergantian kalender ­čśÇ Nah, karena ada banyak tumpukan kertas kalender tidak terpakai, kenapa tidak kita manfaatkan untuk bikin sesuatu. Yuk, kita bikin mainan dari kalender tak terpakai.

Jenis mainan apa yang bisa kita buat? Banyak! Kalau kamu kreatif pasti banyak yang bisa dibuat, atau guglinglah ide mainan. Kuncinya cuma satu: telaten. Nah kali ini kami akan berbagi cara membuat permainan sederhana untuk anak. Permainan ini intinya mendorong motorik dan konsentrasi anak. Permainan ini banyak melibatkan proses menggunting, menempel, menggambar, dan mewarnai.

1Kincir angin dari kertas

proses membuat kincir angin

Gunting kalender menjadi bentuk segi empat. Ukurannya bebas, bisa kecil atau besar sesuai kreatifitas. Bagi empat bagian kertas secara diagonal menggunakan pensil dan penggaris. Nah, disinilah proses kreatif dimulai, ajak anak untuk sama-sama mewarnai bagian kosong kalender. Setelah selesai, bisa dirangkai bersama.

2Gunting tempel

Contoh pola gunting tempel.

Pertama, buatlah pola gambar, lagi-lagi ini sesuai kreatifitas saja. Kemudian  guntinglah pola tersebut, dan tempelkan. Pola juga bisa diwarna agar lebih menarik. Membuat prakarya ini harus sedikit hati-hati karena anak diharapkan ikut juga dalam proses menggunting. Awasi anak saat menggunakan gunting ya, jangan sampai dia melukai dirinya sendiri.

3Mengenal Angka

Menggutning dan mengenal angka.

Selain memanfaatkan bagian belakang kalender yang kosong, kita juga bisa menggunakan angka-angka yang tertera dalam kalender untuk membantu mengenalkan angka pada anak. Dalam prakarya ini, kita bisa meminta anak untuk membantu menggunting dan menempel. Setelah itu, mintalah anak untuk menempelkan angka-angka tersebut ke tempat yang sudah disediakan.

Ada lagi yang bisa kita kenalkan pada anak, yaitu mengenal nama hari dan bulan. Mungkin dalam prosesnya anak tidak akan total 100% mengerjakan, nah disinilah kita melatih daya konsentrasi anak. Intinya: anak diharapkan berpartisipasi walaupun masih on-off, kita yang harus menggiring mereka kembali pada konsentrasinya.

Oke, selamat berprakarya bersama keluarga. Be happy!

Lihat tutorial prakarya lain:

1 COMMENT

LEAVE A REPLY