Hal-Hal Yang Harus Diketahui Anak Sesuai Usianya

196
Children via pixabay.com

GULANGGULING.COM | Parenting – Mendidik anak-anak kita memang sebaiknya dimulai sejak usia dini. Mendidik bukan melulu hal-hal yang berkaitan dengan akademik. Bukan melulu soal baca, tulis, atau hitung. Kita sebagai orang tua sebaiknya membekali kemampuan anak terutama yang bersinggungan dengan lingkungan. Dan juga menanamkan keberanian dan kemandirian pada anak.

Ada beberapa tips untuk orang tua, supaya anak belajar mengenal dirinya sendiri dan juga lingkungannya. Lingkungan seperti orang tuanya dan juga rumahnya. Hal ini penting diajarkan pada anak karena berguna untuk keselamatan dirinya. Tentu saja hal-ha yang kita ajarkan juga disesuaikan dengan usianya.

Inilah beberapa hal yang bisa orang tua ajarkan pada anak, bertahap sesuai dengan usianya:

Usia 1 – 3 tahunharustahu1

Usia 3 – 5 tahunharustahu2

Usia 5 – 7 tahun
harustahu3

Usia lebih dari 7 tahunharustahu4Itulah beberapa hal mendasar yang HARUS diketahui anak-anak kita sesuai dengan usianya. Ajari anak secara bertahap dan konsisten. Apabila orang tua bisa konsisten, maka anak akan mudah untuk memahami apa yang diajarkan padanya. Terutama ketika mengajarkan hal-hal tersebut pada anak usia balita. Ulangi secara random ketika sedang mengobrol dengan anak, dan juga sisipkan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukannya.

Photo credit:
https://www.facebook.com/arilexs/

LEAVE A REPLY