Menyiapkan Mental Anak Menuju Sekolah Dasar

Children via pixabay.com

GULANGGULING.COM | Parenting – Memasuki jenjang Sekolah Dasar atau SD memang adalah suatu hal besar, khususnya untuk anak. Rupanya, persiapan yang harus dilakukan bukan hanya untuk anak lho, tapi juga untuk orang tua.

Memasuki jenjang pendidikan formal dari sebelumnya TK, rupanya membutuhkan persiapan yang tidak sedikit. Dan ternyata lebih banyak persiapan yang harus dilakukan orang tua untuk menyiapkan anak memasuki jenjang Sekolah Dasar ini, bahkan jauh sebelum anak memasuki usia untuk masuk Sekolah Dasar.

Perlu diingat bahwa pada usia TK dan SD (6-12 tahun), perilaku anak masih sangat dipengaruhi dan dibentuk oleh keluarga, terutama: orang tua. Jadi permasalahan yang muncul pada anak, kebanyakan, itu adalah akibat dari apa yang terjadi pada keluarganya.

Orang tua juga perlu mengetahui, bahwa anak-anak memiliki tugas-tugas perkembangan sesuai usianya, yang harus dituntaskan. Dan tugas perkembangan pada anak-anak usia TK dan Sekolah Dasar antara lain:

Belajar ketangkasan fisik untuk bermain

Bermain, walaupun terlihat sebagai hal yang sepele dan tidak penting bagi orang dewasa, merupakan hal yang sangat penting bagi anak-anak. Untuk itu, anak-anak harus memiliki ketangkasan dan ketahanan fisik yang cukup. Dengan kata lain, anak-anak HARUS SEHAT, karena kesehatan adalah investasi paling berharga. Orang tua bisa membiasakan anak untuk berolahraga ringan, seperti belajar naik sepeda, atau berjalan pagi bersama, untuk melaih ketangkasan fisik anak.

Belajar bergaul dengan anak sebayanya

Pada usia-usia TK dan SD, penting untuk anak untuk bersosialisasi dengan seusianya. Hal ini dimaksudkan untuk mengasah empati anak terhadap lingkungan dan orang lain. Melalui pertemanan, anak akan belajar rasa tolong menolong, merasakan saki hati ketika mungkin bertengkar dengan temannya, belajar untuk mengalah dan minta maaf. Anak juga akan melihat contoh keteladanan, sehingga secara tidak langsung dia akan belajar.

Belajar peranan jenis kelamin

Dengan teman yang heterogen, anak akan belajar untuk mengenali perbedaan peran antara laki-laki dan perempuan. Tidak hanya secara fisik, namun juga belajar mengenal perbedaan gender dan tanggung jawab antara laki-laki dan perempuan.

Mengembangkan kecakapan dasar pembekalan baca, tulis, & hitung

Pada saat anak siap untuk memasuki jenjang pendidikan Sekolah Dasar, penting untuk anak untuk sudah menguasai materi baca, tulis, dan hitung sederhana. Tidak perlu menjadi sangat ahli, namun paling tidak, anak sudah mengenal angka dan huruf. Hal ini tentu saja adalah modal agar anak mampu mengkuti alur pendidikan di sekolah nantinya.

Belajar lepas dari ketergantungan pada orang lain

Pada anak usia ini, anak akan belajar untuk tidak selalu bergantung pada orang lain (orang tua) atau mandiri. Orang tua dalam hal ini bisa memberi dukungan dalam bentuk apresiasi. Jangan sungkan untuk memuji ketika anak melakukan sesuatu secara mandiri, sekecil apapun itu

Itulah beberapa hal yang harus kita perhatikan sebagai orang tua, ketika anak-anak akan memasuki jenjang Sekolah Dasar. Pada dasarnya, kita harus bisa BERPERAN AKTIF dalam perkembangan anak. PAHAMI dan APRESIASIlah anak-anak kita.

Karena jika kita berharap anak-anak kita menjadi seseorang yang hebat, maka orang tua juga HARUS ikut berupaya aktif dalam perkembangan anak. Karena sebagai orang tua, kitalah teladan bagi anak-anak kita.

*disarikan dari materi seminar parenting “Menyiapkan Mental Anak TK Menuju Sekolah Dasar”, dengan pembicara Ratna Syifa’a Rachmahana, S. Psi, M. Psi – 13 Mei 2017.



LEAVE A REPLY