Apakah Cover Lagu di YouTube Melanggar Hak Cipta ?

6930
YouTube | pixabay.com

GULANGGULING.com – Berawal dari pertanyaan-pertanyaan ” Apakah cover lagu di YouTube melanggar hak cipta? ” Bisa ga sih civor lagu di YouTube, terus kita dapat uang gitu? Boleh ga kita cover musik untuk mencari dollar?

Dari pertanyaan-pertanyaan diatas saya mencoba mencari tahu bagaimana sih sebenarnya cara kerja YouTube menyikapi hal ini. YouTube sendiri telah memberikan sebuah rule untuk hal ini. Kita dapat mendapatkan ijin monetize untuk video cover lagu kita.

Dari halaman resmi support YouTube dengan jelas memberikan cara agar kita dapat mengaktifkan monetize dari video cover.

Dari pemahaman yang saya baca dari halaman tersebut, kita dapat langsung mengaktifkan pengaturan monetize secara langsung seperti video-video biasa lainnya. Namun jika video cover kita tersebut ditandai atau terdeteksi mengandung konten third party, maka kita diminta untuk memperbaharui pengaturan monetize, selama proses pengaturan belum dilakukan maka kita tidak dapat melanjutkan monetize di video tersebut.

Jika video kita adalah video cover, maka kita dapat memilih pengaturan checkbox “Monetize my video. This is my cover of a song written by somebody else. Learn more“. Dengan seting tersebut maka video kita akan direview dan kita akan mendapatkan pemberitahuan lebih lanjut. Jika beruntung maka kita dapat berbagi pendapatan dengan pihak yang melakukan klaimĀ atau penyanyi aslinya.

Baca juga tulisan kami tentang kenapa kamu perlu bermain di YouTube

Nah begitulah sedikit pengetahuan mengenai Video Cover lagu YouTube yang dapat kita manfaatkan untuk mencari uang (Nafkah). Jadi Kapan kamu mau cover lagu sama aku? Hahaha

Ini adalah salah satu cover musik yang saya suka Walk off the earth – Rude!

 

SumberĀ 

4 COMMENTS

  1. Kak.. Kalau saya membuat MV cover gimana dong?, alias saya membuat video dg back song nya sama persis dg lagu orang tsb.

LEAVE A REPLY