Hindari Copyright YouTube dengan Menggunakan Musik Gratis

1566
Gambar YouTube via pixabay

GULANGGULING.COM | YOUTUBE – Semenjak saya menulis beberapa artikel tentang YouTube, sepertinya banyak bermanfaat untuk para pembaca yang sedang berusaha mencari penghasilan di situs video tersebut. Untuk itu saya ingin berbagi tips lagi tentang salah satu cara untuk menghindari copyright dengan memilih musik yang gratis atau berlisensi free for commercial used pada Video YouTube.

Video dan Musik menurut saya adalah bagian penting untuk kita membuat sebuah video yang menarik. Apalah artinya sebuah video tanpa suara kriuk kriuk musik yang menarik? penyusunan Video dan Musik juga ada tekniknya, tidak serta merta masuk kedalam video, setiap musik ada bit-bit atau ketukan yang mampu membuat video semakin menarik (lain kali kita bahas yang ini).

Masalah musik dan copyright, beberapa pengunjung GGDC sering menanyakan perihal ini, baik melalui kolom komentar atau-pun ada yang mengirim email langsung kepada kami. Pertanyaan yang sering muncul adalah :

Mas, Video saya terkena Klaim Content ID, bagaimana cara menyelesaikannya ya? Untuk pertanyaan ini sebenarnya pernah saya bahas pada artikel ini. Namun, secara sederhana biasanya hal ini terjadi karena video Anda terdeteksi menggunakan musik atau lagu yang tidak berlisensi gratis, hal ini jelas menyebabkan Anda tidak dapat melakukan monetize pada video tersebut.

Penyelesaiannya gampang!; Anda tinggal hapus saja musik dari video itu, maka urusan Anda langsung selesai dan video dapat langsung dimonetize. Namun, apalah arti video tanpa musik? malah mirip seperti film Porno aja yak? ha-ha! Nah Kalau ingin tetap pakai musik caranya adalah cari musik yang berlisensi gratis atau bisa digunakan untuk komersial dalam hal ini adalah monetize.

Dimana mencari musik yang gratis atau bebas untuk monetize? Di dunia ini banyak yang telah baik hati yang menyediakan resource atau sumber daya musik gratis. Anda dapat memulai melakukan googling tentang website yang menyediakan music yang free dan tentunya friendly dengan YouTube.

Beberapa contoh website yang menyediakan musik gratis seperti; audionautix.commusicformonetize.comincompetech.comtwinmusicom.orgUntuk penggunaan musik dari situs-situs tersebut biasanya kita diminta untuk menyantumkan keterangan tertentu pada kolom deskripsi YouTube. Anda tak perlu khawatir, karena ini 100% free, biasanya kita hanya diminta mencantumkan keterangan source dari musik saja.

Gunakan Audio Library dari YouTube, Nah ini adalah cara paling mudah dah favorite saya lakukan. Untuk anda yang belum tau, sebenarnya YouTube telah memberikan fasilitas untuk mencari, download dan menggunakan musik tanpa harus khawatir tentang lisensinya. Dalam sebuah halaman LibraryYouTube telah menyediakan ribuan musik yang dapat kita gunakan dalam setiap video yang hendak kita buat. Anda tidak perlu khawatir akan Lisensi, karena di halaman ini hanya menyediakan musik yang free used. Anda tinggal dengarkan, kalau suka ya langsung download dan pasang deh pada video mu. Ingat, jangan lupa baca attribution required-nya ya!

Saya sendiri telah menggunakan musik dari halaman Audio Library ini di setiap video yang pernah saya buat dan so far video saya masih aman dan masih bisa di monetize tentunya.

Terakhir! buat Anda yang terkena copyright dan ingin menghindarinya, sebaiknya mulai sekarang anda menggunakan musik atau lagu yang memiliki lisensi bebas untuk komersial. Walaupun selain masalah musik, anda juga harus tetap hati-hati dalam membuat konten video, jangan gunakan konten orang lain ataupun menggunakan konten dari acara televisi berbayar seperti siaran sepakbola dan lainnya.

 

Selamat berkarya dan jangan lupa istirahat!

 

Topik YouTube Lainnya : 

 

 

 

 

Incoming search terms:

mencari musik yang tidak berlisensi.  

2 COMMENTS

  1. bang, saya mau nanya. di video Youtube banyak lagu yang di copyright tapi kok tidak kena hukum hak cipta ya, tolong di jelaskan!

LEAVE A REPLY