Bagaimana Cara Hitung Pendapatan Uang di YouTube ?

40072
YouTube | pixabay.com

GULANGGULING.com – Gimana sih cara mencari uang di YouTube? Bagaimana sih cara perhitungan pendapatan di YouTube? Jika kamu adalah orang yang bertanya soal ini, maka kamu sama seperti saya. Saya juga salah satu orang yang kepengen tau gimana sih cara mencari pendapatan YouTube.

Sebelum meneruskan membaca artikel ini, saya mau berkata bahwa saya bukanlah publisher YouTube yang handal, saya juga baru belajar untuk itu. Jadi kita belajar bersama ya gaes.

Sudah bukan rahasia lagi kalau sekarang YouTube menjadi salah satu media untuk mencari pendapatan. Dari situs ini Google memberikan reward untuk para publisher pembuat konten video. Selain sebagai tempat para publisher untuk mencari dollar, YouTube juga telah menghasilkan artis-artis baru, baik nasional maupun internasional. Banyak artis yang mencuat melalui media ini, mereka terkenal dengan karya-karya mereka yang diunggah di YouTube dan kemudian mendapatkan viewers banyak dan mendunia.

Kembali ke pertanyaan diatas, Bagaimana sih mencari uang di YouTube? Jelas jawabannya adalah iklan. Hah Iklan? Iya, iklan! serius iklan, kenapa iklan lagi? tidak perlu risau akan iklan, kelak semua perlu iklan kok mas *halah*.

Ada beberapa jenis iklan yang tampil pada YouTube, kalau anda suka nonton video di YouTube, maka anda akan melihat iklan sebelum Video mulai, atau anda akan melihat iklan dibagian bawah ketika video itu dimulai dan satu lagi, anda melihat iklan di sebelah kanan atas dari video. Nah dari iklan-iklan yang dilihat oleh para viewers anda tersebut, maka anda berhak mendapat pembagian penghasilan dari YouTube. Note ya : Iklan yang dilihat, bukan iklan yang di skip.

Dari setiap iklan yang dilihat para viewer tersebutlah uang datang untuk para YouTuber (Para pembuat konten video). Semakin banyak viewer yang menonton video anda, maka kesempatan menapatkan nilai pendapatan yang lebih besar terbuka lebar.

Baca : Syarat Video yang diperbolehkan YouTube untuk memasang iklan.

Berapa bersaran nilai pembagian yang diberikan YouTube kepada para YouTuber? Menurut informasi dari sebuah video yang diunggah oleh akun Dedy Dahlan, Nilai pembagian pendapatan YouTube adalah 45%-55%, artinya untuk YouTube 45% dan untuk para publisher 55%. Lumayan adil kan? kurang baik apa coba? publisher dikasih lebih tinggi lo.

Nilai pendapatan dari YouTube ini bisa berasal dari CPM (Cost Per Miles), yaitu sebuah perhitungan uang yang didapat pada setiap seribu penayangan. Untuk Nilai CPM sendiri bervariasi, tergantung geo location ataupun niche yang sesuai.

Sekarang kita sudah tau mekanisme pembagian pendapatan YouTuber diatas, lalu PR selanjutnya adalah membuat konten video untuk diunggah di YouTube. Jangan lupa patuhi TOS YouTube agar tidak ditendang dari sana. Semakin menarik video yang kita unggah, semakin mengundang viewer yang lebih banyak pula.

Jangan lupa baca tips agar akun YouTube tidak terkena banned disini. 

Kira-kira segitu dulu ya bro, mari sama-sama berusaha untuk hal yang lebih baik. Jika kamu masih penasaran dengan bagaimana sih atau darimana sih dapat uang dari Youtube, silakan simak video Dedy Dahlan dibawah ini, dijamin anda akan lebih mengerti.

Salam mantap untuk kita semua~ Bye!

Penawaran! Xiaomi Yi Action Camera - 16 MP - Hijau

Dapatkan Xiaomi Yi Action Camera dengan harga yang murah dari Lazada:

Harga : RP 989.000
Sebelum RP 1.799.000Diskon 45%

Xiaomi-yii-camera

  • 16MP
  • Action Camera Terbaik
  • Memory Hingga 64GB
  • Battery 1010 mAh

 

 

 

5 COMMENTS

  1. […] Bermain atau membuat video lalu di-upload ke YouTube dapat menjadi salah satu media untuk mencari uang. Iya mencari uang, tidak perlu kaget karena sekarang ini hampir disetiap media online tersematkan Adsvertising. Ads adalah salah satu cara untuk mencari uang dari Video YouTube, dengan kalkulasi jumlah viewers yang semakin banyak maka Video anda akan meraih dollar yang lebih banyak pula. Simak artikel kami tentang bagaimana cara menghitung pendapatan dari YouTube disini. […]

LEAVE A REPLY