Cara Mengembalikan Monetization Channel YouTube yang Disabled

15684
Gambar YouTube via pixabay.com

GULANGGULING.COM | YouTube – Halo YouTubers! Seperti kita ketahui bersama bahwa sekarang ini YouTube sudah menjelma menjadi salah satu website video yang sangat berpotensi. Hal ini terlihat dari semakin banyaknya user yang memproduksi dan mengkonsumsi video dari YouTube. Dengan semakin naiknya pamor situs milik Google ini, tentunya membuka peluang para pekarya video untuk mencari pendapatan dari sana. Simak salah satu cerita kami tentang apa perlunya anda bermain YouTube dan Kenapa Perlu Bermain di YouTube diartikel kami tempo lalu.

Bermain atau membuat video lalu di-upload ke YouTube dapat menjadi salah satu media untuk mencari uang. Iya mencari uang, tidak perlu kaget karena sekarang ini hampir disetiap media online tersematkan Adsvertising. Ads adalah salah satu cara untuk mencari uang dari Video YouTube, dengan kalkulasi jumlah viewers yang semakin banyak maka Video anda akan meraih dollar yang lebih banyak pula. Simak artikel kami tentang bagaimana cara menghitung pendapatan dari YouTube disini.

Kembali ke-judul, untuk para YouTubers hal ini akan menjadi suatu malapetaka, yaitu mengalami disabled Monetization pada Channel. Setelah anda mengalami kasus ini, maka anda tidak dapat lagi memasang iklan pada setiap video anda. Kenapa hal ini bisa terjadi ? mungkin anda melupakan beberapa syarat dan aturan mengenai video yang boleh di monetize di youtube. Simak artikel kami tentang apa saja yang menjadi syarat sebuah video layak di Monetize di YouTube disini.

Dikutip dari laman bantuan YouTube, ada beberapa langkah untuk anda yang mengalami kasus disabled iklan pada channel anda. Ada cara untuk mengembalikan fitur monetisasi tersebut, namun hal ini tergantung pada kasus yang anda alami. Tercatat ada dua poin kasus yang biasa dialami akibat disabled iklan ini, Yaitu Perihal Pelanggaran Hak Cipta dan Adanya aktivitas klik yang tidak valid. Mari kita bahas satu per-satu.

 

Channel YouTube disabled karena Pelanggaran Hak Cipta

Yang pertama, pelanggaran hak cipta atau biasa disebut klaim content ID. Jika anda mengalami klaim ini ada beberapa langkah untuk mengatasi ini, antara lain :

  1. Mengakui klaim: Bila kita setuju dengan klaim ini, maka kita tidak perlu melakukan apa-apa terhadap video kita.
  2. Membuang musik: adalah cara yang biasa dilakukan, kita diberi tools oleh YouTube untuk menghapus lagu tersebut tanpa harus melakukan upload ulang. Tools ini mampu menghapus hanya pada materi yang di klaim.
  3. Mengganti musik: Mengganti dengan lagu yang sudah disediakan oleh YouTube. Ada ribuan lagu yang disediakan YouTube, dan kita tak perlu khawatir akan lisensi, yang penting jangan lupa baca role nya.
  4. Langkah selanjutnya dapat anda baca di artikel kami yang pernah membahas tentang Cara Mengatasi musik YouTube yang terkena Copyright pada halaman ini.

 

Channel YouTube disabled karena pelanggaran Invalid Click.

Untuk pelanggaran mengenai invalid klik ini, Google akan mendeteksi secara otomatis jika ada invalid klik pada video anda. Hal ini bisa terjadi misalnya karena anda sendiri yang melakukan klik atau terjadi kerena adanya klik terus menerus pada iklan video. Pada pelanggaran jenis invalid click ini Google dapat menangguhkan sementara monetisasi anda selama 30 hari, namun jika pelanggaran ini dirasa berat, maka pihak YouTube atau Google berhak menonaktifkan monetisasi secara permanen.

Lalu bagaimana solusi untuk pelanggaran invalid click pada YouTube? Masih dikutip dari laman support YouTube, yang dapat Anda lakukan adalah mengajukan banding terkait akun yang dinonaktifkan. Pastikan anda memberikan informasi sebanyak mungkin untuk membantu tim peninjau memahami lalu lintas Anda. Jika banding disetujui, maka fitur monetisasi dapat diaktifkan kembali pada akun YouTube Anda.

Nah, jadi begitulah cara menangani akun YouTube anda yang terkena disabled monetisasi. Segala informasi ini kami sadur dari halaman bantuan YouTube. Agar hal tersebut tidak terjadi, maka ada baiknya Anda terus memperhatikan peraturan monetisasi video, Membuat video dengan konten sendiri dan tidak ambil sana sini bisa jadi solusi agar terhindar dari pelanggaran macam ini.

Selamat berkarya dalam video! tetap semangat untuk meraih cita-cita dan jangan lupa baca artikel lain kami tentang mencari pendapatan di YouTube :

Sumber : YouTube Support

Incoming search terms:

https://gulangguling com/2016/01/22/cara-mengembalikan-monetization-channel-youtube-yang-disabled/.  cara mengaktifkan kembali monetisasi.  

9 COMMENTS

  1. kalau untuk pelanggaran hak cipta videonya harus di jadikan private ga mas soalnya baca di blog lain semua video yg di upload harus di jadikan priivate ditunggu jawabannya

    • Pada artikel diatas sudah saya tulis penyebab dan solusinya.

      Ada dua jenis pelanggaran yang biasanya terjadi, yaitu; Pelanggaran hak cipta video dan pelanggaran invalid click.

      Untuk pelanggaran hak cipta ada beberapa poin yang perlu dilakukan seperti; mengakui claim video; mengganti musik;dll sialakan skrol keatas untuk jelasnya.

      Untuk pelanggaran invalid click, Anda bisa mengajukan banding ke support YouTube. Dalam hal ini semua banding belum tentu disetujui, tergantung kasus yang Anda alami.

      Biar lebih jelasnya silakan menuju halaman support YouTube, disana ada panduan untuk menyelesaikan masalah Anda. https://support.google.com/youtube/answer/1727191?hl=id

      Semoga membantu.

LEAVE A REPLY