Xiaomi Mi Drone vs DJI Phantom 4

2652

GULANGGULING.COM | DRONE – Belum lama ini Xiaomi resmi meluncurkan MI Drone. Drone besutan Xiaomi ini digadang-gadang akan menjadi pesaing berat bagi para produsen yang sudah lama bermain di pasar Drone.

Sebagai salah satu produsen populer dalam dunia Drone, DJI kini menjadi sorotan yang dibanding-bandingkan dengan produk Mi Drone ini. Sebelumnya DJI telah mengeluarkan seri terbaru dari produk mereka, DJI Phantom 4  yang dilengkapi dengan Fitur Mengikuti Objek Secara Otomatis.

Setelah pengumuman kemunculan produk Xiaomi Drone muncul, kini mulai banyak beredar video yang berisi komparasi antara produk Xiaomi Drone dan DJI Phantom 4. Nah kira-kira apakah perbedaan antara keduanya?

Berikut ini sebuah video yang membandingkan antara Xiaomi Drone dan DJI Phantom 4. Dalam video yang berdurasi kurang dari 3 menit ini memperlihatkan sedikit tentang perbedaan keduanya.

Gambar Perbedaan Remote Mi Drone dan Phantom 4
Gambar Perbedaan Remote Mi Drone dan Phantom 4

Bentuk dari kedua produk tersebut ditampilkan dalam video ini, jadi kita dapat melihat dengan jelas bentuk dari drone Mi dan Phantom 4. Perlu diingat bahwa kedua jenis drone ini memiliki kemampuan untuk disambungkan dengan perangkat smartphone seperti Android ataupun iOS.

Dalam video yang dibuat oleh ProTips ini, mereka memberikan review bahwa salah satu fitur yang mereka sukai dari Phantom 4 adalah fitur tracking-nya. Fitur ini merupakan kemampuan phantom 4  untuk mengikuti objek yang telah ditentukan menggunakan pengendali smartphone.

Fitur terbaru dari DJI Phantom 4
Fitur terbaru dari DJI Phantom 4

Sementara itu MI Drone juga dilengkapi dengan fitur autopilot seperti mampu take off dan landing secara otomatis. Mi Drone dapat terbang ke titik yang sudah kita tetapkan dan dapat terbang mengelilingi objek yang kita mau, selain fitur otomatis itu, drone ini juga dilengkapi fitur terbang dalam sekali tap sehingga memudahkan penggunanya.

Gambar Spesifikasi DJI Phantom 4
Gambar Spesifikasi DJI Phantom 4
Gambar Spesifikasi Xiaomi Mi Drone
Gambar Spesifikasi Xiaomi Mi Drone

Dalam video ini juga memperlihatkan hasil rekaman video dari kedua drone ini. Untuk urusan kamera kedua Drone ini sama-sama memiliki kemampuan menangkap gambar dengan resolusi 4K. Besaran resolusinya pun sama, yakni 3840×2160 dengan speed 30FPS. Phantom 4 hanya lebih unggul sedikit untuk besaran FPS pada resolusi Full HD 1920×1080. Pada resolusi tersebut Phantom 4 mampu mencapai 120FPS, sementara MI Drone pada angka 60FPS.

Perbedaan Hasil Video Phantom 4 dan MI Drone
Perbedaan Hasil Video Phantom 4 dan MI Drone

Secara umum perbedaan kedua Drone ini bisa dilihat dari table dibawah ini :

Phantom 4 MI Drone
Camera 4K 3840×2160 30 FPS, FHD 1920×1080 120 FPS 4K 3840×2160 30 FPS, FHD 1920×1080 60 FPS
Gimbal 3 AXIS 3 AXIS
Batery 6000MAH 5100MAH
Flying Time 28 Minutes 27 Minutes
Price $1,399.00 $ 399.99 ~ 499.99

 

Untuk urusan waktu terbang, Dji phantom 4 unggul satu menit lebih lama dibanding MI Drone. Phantom mampu terbang selama 28 Menit dan MI Drone 27 Menit. Kemampuan waktu terbang ini jauh lebih baik jika dibandingkan dengan daftar drone murah pada artikel ini.

Secara keseluruhan, menurut kami MI Drone ini layak menjadi pesaing DJI Phantom, walaupun secara fitur masih ada sedikit perbedaan, namun secara harga yang cukup berjarak membuat MI Drone layak untuk diacungi jempol.

Suatu saat nanti bukan tidak mungkin jika Xiaomi justru mampu membuat produk yang lebih baik dan pastinya dengan harga yang cukup terjangkau. Jika itu benar terjadi, maka DJI harap berhati-hati kehilangan market di pasaran.

Untuk saat ini, harga  MI Drone di banderol dengan harga sekitar 399 dollar hingga 499 dollar pada situs Banggood. Dan sementara Phantom dijual dengan harga 1399 dollar pada situs yang sama.

 

Artikel terkait

 

 

Incoming search terms:

xiaomi drone 4k vs dji phantom 4 pro.  

LEAVE A REPLY